Trik ampuh mengatasi GTM anak

child-1566470_1920
Picture by pixabay.com

Anak susah makan sepertinya adalah masalah semua ibu ya. Dulu sayapun sering mengalami hal ini saat usia naoki 15 bulan, padahal dari awal mpasi makannya selalu lahap dan dikasih menu apapun selalu habis. Pernah juga di usia 2 tahun saat sedang proses dia jadi susah makan dan berat badannya turun sampai 1 kg. Sedih banget rasanya kalau ingat masa-masa itu.
Tapi alhamdulillahnya GTM naoki belum pernah berkepanjangan, ada masanya memang dia susah makan. Tapi biasanya hanya berlangsung seminggu, paling lama 2 mingguan. Selanjutnya makan lahap lagi. GTM naoki biasanya muncul hilang timbul dan penyebabnya beda-beda. Tiap naoki mulai GTM saya langsung keluarin trik jitu andalan saya. Trik? Iya trik buat segera ngatasin GTM naoki. Harus segera karena kalo GTM nya dibiarkan saja alias cuek. Malah makin susah makan nantinya. Kalo anak GTM dan tidak segera ditangani bisa beresiko BB turun anjlok atau bahkan mengalami gizi buruk. Wihh jangan ya.
Lalu apa trik yang saya pakai buat ngatasin anak yang lagi GTM? Yuk simak pelan-pelan dibawah ini.

Trik yang saya pakai untuk ngatasi GTM anak adalah bersikap aktif dan responsif. Aktif maksudnya ketika anak sudah memunculkan tanda susah makan langsung aware, langsung amati dan observasi apa penyebab dia tiba-tiba susah makan. Karena lagi kurang sehat kah? Sedang tumbuh gigikah? Atau mungkin ada sebab lainnya. Lalu responsif artinya ketika sudah ketemu apa yang jadi penyebabnya, selanjutnya beri respon solusi yang sesuai. Dari hasil observasi saya selama menjalasi MPASI ada beberapa penyebab anak tidak mau makan, dan sebab ini berbeda beda. Solusinya juga berbeda. Nah kali ini saya tuliskan beberapa penyebab dulu naoki jadi susah makan dan juga masing-masing solusinya :

1. Sedang sakit
Ketika anak sakit wajar rasanya jadi susah makan kan? Kitapun kalo sedang sakit biasanya jadi kurang nafsu makan. Maka biasanya respon yang saya kasih ketika anak sedang sakit adalah lebih ke bagaimana agar anak tetap dapat asupan walaupun hanya sedikit dan tidak dehidrasi. Bisa dengan dibuatkan makanan kesukaan si anak. Naoki suka sekali dibuatkan jus buah ketika lagi sakit atau makan roti. Jadi selama sedang sakit ini ya tidak apa-apa tidak makan nasi dan sayuran dulu kalau anak memang sedang tidak mau. Cukup diberi makanan lain yang ia suka (tapi sehat) dan minum air putih yang banyak, serta diberi lebih banyak asi untuk yang masih asi.

2. Tumbuh gigi
Tumbuh gigi ini mostly adalah penyebab naoki susah makan, sejak usia 1-2 tahun hampir setiap bulan naoki tumbuh gigi baru, tidak hanya satu gigi bahkan kadang-kadang bisa 4 gigi tumbuh bersamaan. Kebayang sih sama saya sakitnya gusi yang sedang tumbuh gigi, pasti nyutnyutan.Boro-boro bisa ngunyah, kesentuh makanan sedikit saja pasti sakit sekali rasanya. Lalu respon apa yang saya kasih kalo naoki sedang tumbuh gigi? Kasih dulu bubur atau makanan yang lembek-lembek. Seperti bubur sumsum, jus, atau sup. Kasih makanan yang mudah ditelan dan tidak keras supaya tidak menyakiti gusi yang sedang meradang.

3. Bosan dengan menu
Pernah tidak mengalami kejadian anak tiba-tiba nolak menu A? padahal sebelumnya ia suka sekali menu A ini. Kalau iya, bisa jadi si anak sedang bosan dengan menu tersebut. Saya sering mengalami kejadian seperti ini ini, salah satu kejadiannya dulu saat usia naoki 15 bulan dia suka sekali makanan berkuah, sop bakso, sup ikan salmon dll. Selalu lahap kalau diberi menu berkuah. Sampai tiba-tiba sore hari dia mogok makan, padahal siangnya dia masih mau makan berkuah. Dan besoknya pun masih berlanjut menolak menu berkuah. Saya bingung kenapa tiba-tiba nolak menu kesukaaanya? Padahal ga lagi sakit atau tumbuh gigi. Lalu saya inisiatif buat telur goreng kali saja anaknya pengen menu lain. Dan benar, saat disuapi telur goreng dannasi makannya jadi lahap lagi. Jadi respon saya setelah kejadian itu setiap naoki tiba-tiba nolak menu kesukaannya berarti dia sedang bosan dengan menu tersebut dan langsung gercep (gerak cepat) bikin menu lainnya supaya GTMnya tidak berkepanjangan.

4. Bosan dengan suasana atau cara makan
Bosan dengan suasana makan ini pernah dialami naoki saat usia 10 bulan. Kalo sebelumnya dia selalu mau duduk anteng di babychair, gatau kenapa tiba-tiba seperti tidak betah duduk lama. Minta turun dari baby chair dan saat disuapin dia selalu mingkem. Lalu saya coba ajak dia makan di depan rumah, babychair diangkut ke depan rumah supaya bisa makan dengan suasana berbeda dan violaaaaa….!! naoki mau makan lagi dengan lahap. Dari sini saya ambil kesimpulan bahwa dia jadi susah makan bukan karena tidak mau makan, tapi karena bosan dengan suasana makannya.
Sedangkan bosan dengan cara makan ini pernah juga dialami naoki saat usia 15 bulan, saat itu naoki entah kenapa selalu menolak kalau disuapin dengan sendok, ketika saya coba suapi dengan tangan dia makan dengan lahap. Pernah juga usia 1 tahun naoki jadi agak kurang semangat disuapi, akhirnya saya coba kasih potongan sayuran atau tempe gorang supaya bisa dipegang sebagai finger food. Hasilnya naoki semangat lagi makannya, sambil disuapi dia juga sambil belajar makan sendiri dengan finger food ini. Dari tiga kejadian ini lalu saya ambil kesimpulan bahwa anak jadi susah makan bisa jadi tidak hanya bosan dengan menu, tapi bisa juga bosan dengan suasana atau cara makan.

5. Kebanyakan ngemil atau minum susu
No 5 ini sepertinya lumrah dialami anak anak, sering ngemil atau minum susu tapi kalo disuapi makan selalu menolak. Naoki pun juga pernah mengalami hal ini, saat itu sedang proses sapih dan untuk pengalihan supaya naoki tidak minta asi melulu saya menyediakan banyak cemilan dan susu UHT dirumah. Alhamdulillah dengan cara ini proses sapih berhasil, tapi naoki jadi susah makan. Mungkin karena sudah kenyang minum susu dan ngemil segala macam makanan jadi saat jam makan tiba dia selalu menolak. Hal ini bikin saya galau karena walaupun dapat asupan dari cemilan dan susu, gizinya tetap perlu dipertanyakan. Dan benar gara-gara hal ini berat badan naoki sampai turun hampir 1kg. Susu dan cemilah tetap tidak bisa menggantikan gizi dari makanan utama.
Huh..stress sekali rasanya.
Akhirnya setelah tahu sebab tidak mau makan adalah karena cemilan dan susu,saya mulai kontrol pemberiannya. Susu dibatasi hanya boleh minum 1 kali menjelang tidur siang dan malam sebelum tidur. Cemilan juga sama, tidak boleh diberikan di jam-jam mendekati jam makan siang atau makan malam, karena bisa berpontensi membuat perut penuh lalu saat jam makan tiba anak jadi gamau makan karena sudah kenyang.
Pembatasan ini awalnya susah, naoki sering merengek-rengek minta susu atau cemilan. Bahkan kadang-kadang tantrum. Tapi sebagai orangtua harus tega, karena pembatasan cemilan susu ini juga demi kebaikannya.
2 minggu adaptasi pembatasan ini berjalan,naoki sudah bisa menerima, sudah tidak pernah merajuk lagi dan alhamdulillah nafsu makannya juga membaik. Makannya jadi lahap seperti sebelumnya dan berat badannya pun sudah normal kembali.

Jadi itulah bunda 5 hal yang biasanya jadi penyebab naoki susah makan dulu, sekarang pun masih sering saya pakai triknya. Menjalani masa MPASI itu memang berat tapi asalkan tidak pernah menyerah dan sabar ketika nak GTM insya Allah selalu ada solusinya. Semangat.

One thought on “Trik ampuh mengatasi GTM anak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *