Serunya Bertemu Dinosurus Hidup Di Dino Park ( Jatimpark 3 )

“Ayah tahun depan kita ke Malang yuk, lihat deh banyak banget tempat wisata bagus dibsana”.

Sepenggal kalimat yang tahun 2018 lalu pernah saya bilang ke suami saat sedang berselancar di google untuk mencari referensi tempat wisata. Setahun kemudian tepatnya awal januari 2020, akhirnya kami beneran pergi ke Malang untuk liburan akhir tahun. Yeay senangnya wishlist liburan kami akhirnya terwujud.

Memilih malang? Alasan yang pertama karena sudah agak bosan tiap akhir tahun kami selalu ke Yogyakarta. Ingin mencoba explore tempat lain. Kedua, karena di Malang ada bakso bakar dan cwie mie tersohor yang bikin lidah saya penasaran banget ingin mencoba rasanya. Ketiga karena ada wisata Jatim Park dengan semua wahananya yang seru jadi sepertinya akan cocok banget ngajak putra kami Naoki berwisata kesana.

Tanggal 1 januari 2010 sekitar jam 12 akhirnya kami sampai di stasiun baru kota malang. Setelah 15 jam perjalanan Bandung-Malang via kereta api  yang cukup bikin badan mau merotol, kami memutuskan langsung ke penginapan setelah sebelumnya sempat mampir sebentar untuk makan siang di Sentra Kuliner Sriwijaya. Hari itu kami memutuskan untuk enggak kemana-mana dulu, full istirahat di penginapan karena di Malang kebetulan juga sedang hujan lebat.

Esok harinya kami bangun pagi dan memutuskan destinasi hari pertama yang akan kami singgahi adalah Dino Park. So inilah cerita keseruan kami yang bertemu dinosaururs (serasa) hidup di Dino Park.

Tentang Dino Park

Dino Park adalah wahana bermain edukatif bertemakan segala hal tentang dinosurus. Terletak di dalam kawasan Jawa Timur Park 3, yang berada di kota Batu, Jawa Timur. Tepatnya di terletak di Jl. Raya Ir. Soekarno, Beji, Junrejo, Kota Wisata Batu.

Salah satu spot foto di dino park

Area masuk Jatim Park 3

Setibanya kami di jatimpark 3 menggunakan gocar, kami di drop di loby mall bertuliskan Dino Mall. Awal masuk area ini kami agak bingung, ini kan mau ke Dino Park tapi kok malah di drop ke mall.  Kenapa saya bisa menyangka mall? Karena ternyata semua wahana di jatimpark 3 di setting mirip seperti mall. Selain ada aneka wahana bermain, di dalam juga ada café-resto serta counter counter untuk berbelanja. Mall banget pokoknya.

jatimpark3
area masuk jatim park 3
Pintu masuk dino mall

Area Dino Park dan Harga Tiket

Setelah  kebingungan mencari di mana sih  area Dino Park akhirnya kami bertanya ke satpam dan di arahkan untuk ke arah sebelah kiri, lurus terus hingga ketemu eskalator, lalu turun ke bawah.Setelah turun barulah kami ngeuh oh iya ini area Dino Park.

Setelah sampai di depan area masuk dino park selanjutnya kami membeli tiket di loket. Berikut ini harga tiket masuknya :

tiket masuk dino park
Tiket masuk dino park

Untuk Dino Park tiket masuknya 100K/orang, untuk anak-anak diatas usia 2 tahun membayar full. Jadi kami membeli 3 tiket. Oh iya selain Dino Park, di kawasan Dino Mall ini juga terdapat wahana bermain lain seperti The Legend Star, Museum Musik Dunia, Funtech Plaza dan Millenial Glow Garden. Masing-masing harga tiketnya bisa dilihat diatas ya. Selain tiket per wahana, tersedia tiket terusan dengan harga lebih hemat. Tapi kami memutuskan untuk hanya beli tiket Dino Park saja. Pertimbangannya karena kami kesana sudah siang , waktunya tidak akan cukup dan takut mubazir.

Area Museum Dino

Setelah membeli tiket segera kami menuju area Dino Park. Petugas memeriksa tiket dan memakaikan gelang   tangan pengunjung. Kami masuk dan langsung di sambut dengan patung-patung dino berukuran besar. Sekilas mirip sekali dengan dinosaurus asli (kaya pernah lihat yang asli aja hahaha). Area ini adalah Museum Dino.

dino park
Area masuk museum dino

Semakin masuk ke dalam kami bisa melihat replika fosil dinosurus   di bagian tengah ruangan.

dino park
Replika fosil dinosurus

 

dino park
Replika fosil dinosurus

Di sisi kanan dan kiri ada spot-spot  edukatif  berisi tentang pengetahuan dunia dinosaurus seperti  replika hewan hewan zaman purba,  proses rekayasa dinosaurus, binatang kerabat dino dan indera dinosaurus.

Menjelajah The Rimba

the rimba dino park
The rimba dino park

Selesai melihat spot edukatif museum dino,  kami melanjutkan ke area The Rimba. Di area ini pengunjung akan diajak berpetualang menjelajahi 4 zaman prasejarah yaitu 3D Aquarium, Hutan Dino, Ice Age dan Dino Negara.

dino park
Rute menjelajah the rimba

Rute The Rimba ini sangat luas, jika tidak ingin capek bisa menyewa E-Bike . Biaya sewanya sekitar 150.000/3 Jam. Tapi kami memutuskan tidak menyewa dan memilih menjelajah dengan jalan kaki saja.

e-bike dino park
E-bike dino park

Zona 3D Aquarium

Zona pertama yang kami jelajahi di area The Rimba adalah 3D Aquarium. Di zona ini ketika masuk kami diberi kacamata 3D oleh petugas secara gratis. Memasuki area dalam  banyak sekali berjejer patung-patung terumbu karang dan layar monitor 3D. Ruangannya gelap dengan cahaya biru temaram. Benar benar berasa lagi di bawah laut beneran.

dino park
Pintu masuk 3D aquarium

Jika membawa bayi atau anak kecil ke zona ini harap agak hati-hati karena gelap. Banyak anak-anak yang kaget, begitupun dengan Naoki yang saat awal masuk sempat kaget sebentar karena gelapnya ruangan.

 Zona Hutan Dino

dino park
Zona hutan dino

Di zona ini kami diajak menikmati hutan dengan aneka replika dinosaurus berbagai jenis. Awal masuk agak kaget karena banyak sekali replika dino yang bergerak-gerak , dikira bisa hidup beneran 😀 Wkwkw seperti di video ini, sepintas seperti hidup kan?

 

Selain menikmati replika dino di area ini juga banyak spot foto yang kece-kece. Seperti masuk ke telur dino ini contohnya.

Zona Ice Age

Zona ketiga yang selanjutnya kami jelajahi adalah ICE AGE. Dizona ini kami diajak untuk melihat replika hewan zaman es dahulu kala. Ada beruang, burung hingga kura-kura yang berukuran sangat besar.

dino park
Zona ice age

 

Zona Dino Negara

Zona terakhir yang seharusnya kami jelajahi adalah Zona Dino Negara. Di area ini pengujung akan diajak melihat zaman dimana dinosaurus dapat tinggal bersama manusia.

Sayangnya belum sempat kami menjelajah dino negara malah hujan deras. Akhirnya kami memutuskan untuk berteduh sembari makan dan shalat zuhur.

 

Fasilitas Shalat dan Makan

Bersyukurnya di area Dino Park terdapat fasilitas mushola dan toilet sehingga kami tidak perlu balik lagi ke area Dino Mall  untuk melaksanakan shalat.

Setelah shalat kami lalu bersantap siang karena perut sudah keroncongan. Untuk mencari makan siangpun tidak perlu balik lagi ke mall karena di Dino Park tersedia resto dan streetfood yang bertebaran di area Dinotopia.

Area Resto
Dinotopia

 

Dinotopia Streetfood

Hari semakin sore.  Masih banyak spot yang sebenernya masih ingin kami kunjungi. Salah satunya wahana tour menjelajah 5 zaman. Tapi hujan tak kunjung reda, akhirnya dari pada kemalaman kami memutuskan menyudahi menjelajah Dino Park hari itu dan segera pulang.

Demikian cerita singkat kami menjelajah Dino Park. Semoga bisa jadi referensi teman-teman ketika berkunjung ke Malang ya.

 

 

Salam

Titik Wihayanti

 

14 thoughts on “Serunya Bertemu Dinosurus Hidup Di Dino Park ( Jatimpark 3 )

  1. Dino Park ini cocok banget ya dikunjungi oleh keluarga dengan membawa anak-anak. Kayaknya nyaris nggak ada deh anak-anak yang nggak menyukai dino. Ya nggak, sih?

    Mau film kartunnya, bonekanya, replikanya (apalagi kalau buesar banget), pasti bikin mereka melongo takjub atau loncat-loncat kegirangan.

    Anak-anakku yang sudah lumayan besar pun masih suka dino. Kalau diajak ke Dino Park, yakin bakal susah diajak keluar, hahaha …

  2. Walaaah racun ini, review Mbak Titik jangan sampai dibaca kecikku. Pasti langsung pingin ndolan sana. Secara dia suka banget sama Dino.
    Tapi menarik sekali sepertinya ya. Semoga ada jalannya bisa main ke sana.

  3. Suamiku orang Malang. Tetapi kalua ke Malang belum pernah ke Jatim Park malahan. Habis waktu aja ketemu saudara dan teman-teman. Haha…
    Mungkin kalua ke Malang nyempetin deh main ke sini..

  4. Ah, ini keren sekali untuk anak seusia adik bungsu Yuni. Dia pasti seneng diajakin wisata ke sini. Bisa jadi referensi nih. Terima kasih sharingnya, Mbak.

  5. Wah… ponakan saya pasti seneng banget nih kalau dibawa ke sini. Secara dia seneng banget sama bermacam dino. Fil dino, buku dino. Pokoknya All bout Dino selalu menarik buat dia.

    1. Mba Titik, ke Dino Park ini seru banget. Anakku pas masih 2 aku ajak kesini dan ketagihan mau lagi. Apalagi sekarang Surabaya – Malang lewat tol cepet banget 🙂

  6. Seru banget yaa dan banyak wahananya Di Dino Park ini. Butuh waktu berapa lama yaa muterin area Dino Park ini dengan berjalan kaki? Wishlist aku juga nih mau liburan ke Malang, selain ke Bandung tentunya

  7. Dino Park JatimPark 3 udah jadi tempat wisata yang ingin dikunjungi oleh keluarga saya. Tempatnya luas juga ya, dan banyak spot foto yang bagus pula.

  8. Mba Titik, ke Dino Park ini seru banget. Anakku pas masih 2 aku ajak kesini dan ketagihan mau lagi. Apalagi sekarang Surabaya – Malang lewat tol cepet banget 🙂

  9. Oalah hanya jadi wacana aja nih. Semoga tahun ini beneran bisa mampir ke Malang. Dan memang udah di rencanakan untuk explore jatim park. Dino park ini seru ya. Tapi jadi total biayanya berapa mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *