Mencicipi enaknya Bakso Bakar dan Cwie Mie khas Malang di resto Bakso De Stadion

bakso de stadion batu

Malang menjadi kota yang kami pilih sebagai destinasi liburan keluarga di akhir tahun 2019 lalu. Memilih malang karena kami dengar banyak sekali destinasi wisata yang cocok untuk anak-anak seperti Batu  Secret Zoo, Dino Park, Hawai Waterpak Malang dan tempat wisata lainnya. Tidak hanya wisata jalan-jalan yang menarik hati kami dan penasaran ingin mencoba tapi juga karena kulinernya. Bakso bakar dan Cwie Mie adalah dua jenis makanan yang masuk list kuliner yang ingin kami coba saat berkunjung ke malang.

Di hari kedua kami berada di malang, kami mengisi itenary dengan mengunjungi Dino Dark yang berada di Jatim Park 3 di Kota Batu, sekitar 30 menit perjalanan  dari penginapan kami. Setelah menghabiskan waktu sekitar 4 jam di sana, sejak jam 12 siang hingga jam 4 sore akhirnya kami kelelahan dan kelaparan. Sempat mencoba salah satu kuliner di resto yang disediakan di kawasan Dino Park tapi ternyata kurang sreg di lidah. Mencari makanan khas malang, tidak ada juga. Kalaupun ada menu mie, adanya Bakmi Naga. Makanan yang kami pikir di bandungpun bisa ditemui.

Hari semakin sore dan saya masih penasaran hari itu untuk mencoba makanan khas kota Malang, Cwie Mie Dan Bakso Bakar. Suami tadinya menyarankan untuk makan bakso bakar di Bakso President saja yang sudah pasti terkenal. Saja setuju tapi sebelum kesana kami memutuskan pulang dulu ke penginapan untuk mandi.

Diperjalanan pulang menuju penginapan kami ngobrol-ngobrol dengan driver gocar. Bersyukurnya saat di malang kami selalu dapat driver yang ramah. Mungkin memang orang malang ramah-ramah ya hihi. Saat sedang ngobrol kami iseng bertanya soal Bakso President, lalu beliau merekomendasikan kalau memang mau makan bakso bakar, di Kota Batu  juga ada, tidak harus ke Malang Kota. Biar enggak capek katanya malam-malam kulineran, kasian Anak yang kelihatannya capek sekali. Lalu beliau merekomendasikan salah satu resto bakso dan mie yang cukup terkenal di Kota Batu, namanya Bakdo De Stadion.

Kami penasaran dan googling, melihat reviewnya sih ratingnya bagus dan banyak komentar positif. Akhirnya kami memutuskan untuk kesana saja.

Bakso De Stadion

bakso de stadion batu
Alamat, jam buka dan telp bakso de stadion. Sumber : google.com

Suasana Resto dan Pelayanan

Saat pertama sampai jujur agak sangsi melihat tempatnya yang berada di ruko dan kelihatannya agak sempit. Tapi kemudian kami melihat pengunjung yang ramai banget, rasa sangsi kami langsung terpatahkan. Kalau resto yang ramai pengunjung biasanya rasa makanannya memang enak.

Saat masuk kami disambut dengan jejeran meja dan kursi untuk pengunjung. Lurus ke depan ada meja kasir , di sebelah kiri ada foto-foto berbingkai berisi testimoni para artis yang sudah pernah mencoba makan bakso dan mie di sini. Iya memang tagline dari bakso de stadion adalah “Baksonya artis ibukota”.

Di sebelah kiri ada etalase berisi aneka bakso, mie, pangsit, tahu, sayuran dan pelengkap bakso lainnya. Konsep pelayanan di resto ini semi self service, jadi pengunjung bisa memilih dan mengambil sendiri menu yang akan di santap.

bakso de stadion batu
Menu makanan yang bisa dipilih sendiri (Sumber gambar : dokumen pribadi)

Setelah memilih baru kemudian piring diberikan ke waiteruntuk dicatat dan diberi bumbu serta kuah. Setelah dicatat, saya diminta ke kasir untuk membayar dan diberi nomor meja. Makanan yang sudah dipesan nantinya akan diantarkan ke meja pengunjung.

bakso de stadion batu
Waiter mencatat pesanan dan meracik bumbuh kuah

Setelah memilih menu makanan dan membayar kami menuju meja pengunjung di lantai 2.

bakso de stadion batu
suasana lantai 2

Untuk  segi pelayanan, semua waiter hingga kasir ramah-ramah. Saat saya bingung mencari meja kosong di lantai 1, oleh waiter dengan ramahnya diantar ke lantai 2 yang kosong dan lebih luas.

Menu makanan dan Minuman

Selain Bakso Kuah, Bakso Bakar, dan Cwie Mie aneka toping,  di resto ini juga menyediakan menu makanan lainnya seperti Somay Bakar dan Tahu Walik hingga ada Bakso Degan. Harganya? Murah meriah, cukup 10K untuk Bakso Bakar, 12K untuk Cwie Mie dan 20-25K untuk Bakso Degan. Lengkapnya bisa dilihat di sini :

bakso de stadion batu
Daftar menu makanan

Jangan khawatir kalau haus atau kepedesan pesen bakso bakar. Di resto ini juga menyediakan aneka macam minuman. Mulai dari Minuman dingin seperti Es The atau Es Jeruk. Minuman panas sepeti Kopi atau Teh Tarik. Hingga Milkshake dan Jus. Harganya juga murah enggak lebih dari 15K per gelas, Lengkapnya bisa dilihat di sini :

bakso de stadion batu
Daftar minuman

Rasa Makanan

Setelah menunggu sekitar 10 menit akhirnya semua pesanan makanan kami siap tersaji. Saya memesan seporsi Bakso Bakar dan semangkuk Cwie Mie. Suami memesan Bakso Kuah dan Bakso Bakar juga. Sedangkan anak kami Naoki memesan seporsi Bakso dengan mie kuning. Minumnya 2 Teh Botol dan 1 Air Mineral.

Untuk bakso bakarnya saya dan suami sepakat rasanya sangat enak. Bumbunya legit percampuran manis dan pedas. Rasanya juga meresap banget sampai ke dalam.

bakso bakar

Bakso kuahnya juga enak sekali, kuahnya segar dan tekstur baksonya terasa sekali dagingnya.

bakso de stadion batu
Bakso kuah

Sayangnya untuk cwie mie rasanya tidak terlalu enak. Untuk kuah dan topingnya enak tapi rasa mienya sangat kurang, teksturnya terlalu lembak.

bakso de stadion batu
Cwie Mie Malang

Sekian cerita singkat kami mencicipi makanan khas Batu-Malang yaitu Bakso Bakar dan Cwie Mie. Kalau bakso bakarnya alhamdulillah sudah bisa mengobati rasa penasaran saya, cwie mienya nih yang belum. Kapan kapan kalau ada kesempatan ke malang lagi mau cari lagi ahh.

Ohh iya, overall kalau dari pelayanan, harga dan rasa baksonya, Resto Bakso De Stadion ini cukup saya rekomendasikan. Yuk dicoba kalau lagi jalan-jalan ke malang.

 

Salam

Titik Wihayanti

24 thoughts on “Mencicipi enaknya Bakso Bakar dan Cwie Mie khas Malang di resto Bakso De Stadion

  1. Baso bakar itu berarti kayak sate ya, ditusuk-tusuk lalu dibakar. Pedes gurih kayaknya ya. Aku pilih cwie mie aja deh. Asyik sruput-sruput berkuah.

  2. Ah Mbak Titik, lagi hujan nih di mari, kan baca postingan ini saya jadi mikirin bakso. Menggoda amat itu bakso bakar sama bakso kuahnya. Gagal diet deh😁

  3. Waktu ke Malang belum sempat mencoba dua menu ini Mbak. Wah jadi pengin diulang lagi nih hehehe. Baksonya bikin ngiler nih. Cwie mienya juga kayaknya mantap tuh.

  4. Yuni suka bakso. Kalau disuruh pilih, yuni lebih pilih bakso kuah sih. Hehehhe… Sayangnya pas ke Malang, yuni nggak kulineran.

  5. Tanggung jawab nih mbak, saya baca dan lihat foto-fotonya langsung ngiler hahaha….

    Dasar saya pencinta bakso sih. Oh yah kelihatannya bakso bakarnya maknyus tuh.
    Insya Allah nanti kalau ke Malang akan saya cari warung ini

  6. Aku kemarin ke Malan mampir ke bakso President mba. And for sure, antriannya bikin bete. Udahmah laper, ujan, pening kepala, jadinya esmosi jiwah hahahaha, akhirnya balik kanan. Cari warung bakso lain dan baru balik lagi ke sono hari berikutnya. Cuma ternyata rasanya nggak se-wow yg kubayangkan sih. Beruntung mba Titik gak jd bela-belain dari Batu ke Malanb cuma buat ngebakso ya

    1. Wahh iyakah mba rasanya kurang wow? padahal terkenal banget ya, iya nih untung aku ga jadi kesana auto nangis kalau ternyata rasanya biasanya aja 🙁

  7. Saya kenal bakso malang di Solo waktu SMA. Bakso malang keliling, tuh. Tapi kalau itu bakso malang terkenal mahal, jadi jarang-jarang beli. Ternyata ada banyak yang saya belum tahu tentang kuliner malang selain apel (standar banget, ya?) Nanti kalau ke Malang lagi dicari ah, bakso bakar de Stadion

  8. Saat membaca ini, Bogor baru saja selesai hujan. Tapi nuansanya laparnya sih belum selesai. Balik makin lapar gara-gara lihat bakso bakar di tulisan ini. Yang lebih bikin ngiler, harganya murah-murah amaaat …

    Semangkuk bakso enak di sini paling nggak dibandrol harga Rp 25ribu-Rp 50ribu. Jauh banget, ya kaaan?

  9. jadi kangen malang, sejak si bungsu lulus dr UB th 2012 saya belum ke malang lagi. Dulu 3 bulan sekali pasti 2 minggu di malang. Saya suka disana & sdh sebagian besar tempat wisatanya saya kunjungi, begitu juga dg kulinernya.
    Pernah jg makan Bakso Presiden, tp memurut saya nih. Masih kalah enak dg bakso Mas Mul didekat rumah..hehehe.

    Nah…untuk bakso goreng di batu belom pernah nyoba, ada rencana bln maretmau ke malang. Siapa tau bisa mampir nanti. Makasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *