Ingin belajar bahasa inggris yang efektif dan fleksibel ? Yuk, Coba Neo Study

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Beberapa tahun kebelakang Revolusi Industri 4.0 atau RI 4.0 mulai semakin riuh digaungkan. Banyak negara yang telah menerapkan RI 4.0, termasuk indonesia yang sudah mulai turut menerapkan era revolusi industri ini. Komitmen indonesia untuk turut menerapkan  RI 4.0 ditandai dengan diluncurkan “Making Indonesia 4.0” oleh Presiden Joko Widodo pada awal April 2018. Making indonesia 4.0  ini memiliki arti membangun kembali perindustrian Indonesia ke era baru RI 4.0 dan merevitalisasi industri nasional secara menyeluruh untuk mencapai Top Ten (10 besar) ekonomi global pada tahun 2023.

Untuk dapat sukses menerapkan industri 4.0, Negara Indonesia melalui Pemerintah mulai  melakukan beberapa persiapan di berbagai sektor. Salah satu sektor yang sedang dipersiapkan adalah Sumber daya Manusia atau SDM melalui upgrading skill atau peningkatan keterampilan kerja. Saat ini pemerintah telah menyiapkan 5 program SDM unggul,  5 program tersebut yaitu   Infrastruktur TIK, Perubahan Konten Kurikulum, Kolaborasi Industri, Semangat Kewirausahaan dan Sertifikasi Kompetensi. Untuk Sertifikasi Kompetensi, Salah satu kompetensi penting yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa inggris yang telah menjadi bahasa international.

Rektor Institut Teknologi Bandung,  Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Dalam paparannya yang membahas mengenai perubahan di Era RI 4.0, salah satu skill yang perlu dipersiapkan mahasiswa agar dapat bersaing di era RI 4.0 adalah menguasai minimal satu bahasa asing. Hal yang sama juga disampaikan oleh  pelaku industri lokal seperti pemilik Go-jek dan Tokopedia saat diundang oleh Presiden Joko Widodo guna membahas apa saja hal yang perlu dipersiapkan untuk  menghadapi revolusi industri 4.0, mereka menjawab bahwa anak muda perlu untuk diajarkan bahasa inggris sejak awal.

Tidak hanya pemerintah, perusahaan swasta pun saat ini telah mulai mempersiapkan SDM-nya dengan skill yang mumpuni dalam berbahasa inggris. Beberapa perusahaan saat ini mulai mensyaratkan para pelamar kerja untuk dapat berbahasa inggris dengan baik  sebagai syarat untuk diterima bekerja. Beberapa contoh lamaran kerja berikut ini adalah buktinya.

neo study

Tidak hanya perusahaan swasta, namun lembaga pemerintahpun sama halnya. Dalam test CPNS misalnya, beberapa Lembaga, Kementerian hingga Pemerintah Daerah mensyaratkan untuk memiliki sertifikat kemampuan berbahasa inggris seperti TOEFL dan lainnya sebagai syarat administrasi awal untuk dapat mengikuti test CPNS.

neo study

Pentingnya menguasai bahasa inggris secara mumpuni ini secara pribadi juga pernah saya alami. Beberapa kali saya mencoba melamar pekerjaan freelance di beberapa situs freelancer. Karena rata-rata client yang menawarkan proyek adalah orang asing, maka memiliki kemampuan berbahasa inggris yang mumpuni baik secara lisan maupun tulisan menjadi  syarat wajib. Sayangnya kemampuan berbahasa inggris saya masih sangat minim sehingga ketika mencoba untuk BID beberapa proyek sukses ditolak.

Beberapa kali ditolak client tidak membuat saya menjadi minder namun justru jadi bahan koreksi dan pemacu untuk terus meng-upgrade kemampuan diri. Keinginan untuk dapat meng-upgrade kemampuan diri ini akhirnya mendorong saya untuk mendaftarkan diri mengikuti kursus  di salah satu Lembaga Kursus Bahasa Inggris.

Sayangnya, setelah sekitar 1 term mengikuti kursus saya merasa pembelajarannya kurang efektif. Saat placement test saya memang levelnya masih intermediete, dan di dalam kelas belajarnya digabungkan dengan pelajar sekolah. Jujur agak kurang nyaman karena rentang usia saya yang cukup jauh  dengan mereka. Selain itu saya juga merasa beberapa tema pembelajaran kurang pas dengan yang saya butuhkan, materi pembahasannya lebih mengacu ke materi belajar di sekolah. Sungguh kurang nyambung dengan keinginan saya yang ingin belajar bahasa inggris untuk kebutuhan pekerjaan.

Selain kurang efektif, untuk ibu-ibu yang memiliki balita seperti saya, belajar secara offline ternyata kurang cocok. Kurang cocok karena ?  Alasan yang pertama,  setiap akan berangkat kursus,  saya harus menitipkan anak  dulu ke mertua . Kedua, Jarak antara rumah ke tempet kurus yang cukup jauh  plus dihadang dengan macet dimana-mana sukses membuat badan saya sudah loyo saat baru sampai kelas, kursus model seperti ini ternyata  kurang fleksibel dan agak menyita waktu bagi saya.

neo study

Dengan alasan kurang efektif dan fleksibel akhirnya saya memutuskan untuk tidak melanjutkan kursus di term ke 2.  Sempat down semangat saya untuk bisa meng-upgrade kemampuan berbahasa inggris ini. Mau belajar tapi dimana ya yang efektif dan waktunya fleksibel?

Mendengar problem saya ini suami kemudian menyarankan untuk belajar melalui E-Learning. Kebetulan suami berprofesi sebagai  programmer yang saat ini sedang mengembangkan E-Learning  juga di kantornya. Jadi sedikit banyak beliau paham mengapa E-Learning cocok untuk ibu-ibu seperti saya. Menurutnya gaya belajar yang mengharuskan bertatap muka dengan pengajar saat ini memang sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi seperti melalui E-Learning ini. Pembelajaran melalui E-Learning memang memiliki banyak kelebihan, beberapa diantaranya bisa dilihat di infografis berikut :

neo study

Atas saran suami akhirnya saya mulai mencari aplikasi E-Learning untuk belajar bahasa inggris di internet, lalu bertemulah saya dengan NEO Study.

neo study

Neo Study adalah aplikasi belajar bahasa inggris  efektif yang dapat diakses secara Daring (Online) menggunakan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk dapat belajar bahasa inggris secara efektif karena memiliki konten belajar yang disesuaikan dengan minat dan ritme belajar pengguna. Selain itu belajar melalui Neo Study lebih fleksibel karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Cocok digunakan untuk mereka yang memiliki gaya hidup aktif dan mobile, tanpa batasan sekat ruang dan waktu, pengguna dapat mengakses kelas atau materi belajar yang dapat di sesuaikan dengan jadwal harian.

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Neo Study pertama kali diperkenalkan di indonesia tahun 2018. Saat ini aplikasi  buatan Nexgen English Online, Co. yang berbasis di California ini telah dapat dinikmati melalui dua sistem operasi smartphone yaitu Android dan IOS.

Dibandingkan dengan aplikasi belajar bahasa inggris digital lainnya, Neo Study memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat lebih memudahkan pengguna untuk dapat menikmati pengalaman belajar secara interaktif, fitur-fitur unggulan yang dimiliki NEO Study diantaranya :neo study

  • FITUR ARTIFICIAL INTELEGENCE

Fitur unggulan Artificial Intelegence (AI)  yang tertanam dalam sistem aplikasi Neo Study dapat menganalisa perilaku dan data pengguna  selama ia mengakses pembelajaran dalam  aplikasi. Hasil analisa ini nantinya akan digunakan oleh sistem sebagai data pengambilan keputusan berupa konten pembelajaran apa yang cocok dengan pengguna. Sistem kemudian secara otomatis menampilkan konten tersebut di aplikasi. Melalui fitur AI,  konten yang diakses tiap pengguna akan berbeda-beda, kontennya akan di sesuaikan  dengan minat dan ritme belajar pengguna.

  • NEO LIVE

Neo Live merupakan fitur coaching melalui percakapan via Video Call. Kegiatannya bisa bermacam-macam, berlatih percakapan menggunakan bahasa inggris atau melakukan tanya jawab tentang materi pembelajaran dengan Coach. Coach lalu akan memberikan feedback berupa koreksi kosata atau menjawab pertanyaan yang belum dipahami. Dengan fitur ini pengguna akan merasakan pengalaman belajar serasa memiliki pengajar privat. Seru ya.

  • ADVANCE SPEECH REGOCNITION

Fitur canggih ke tiga yang ada dalam NEO Study adalah fitur pengenal suara canggih  atau Advanced Speech Recogition. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna untuk meningkatkan skill percakapan dalam Bahasa inggris, terutama untuk mengoreksi pengucapan atau pronounciation. Fitur ini bekerja dengan cara,  pengguna akan diminta untuk mengucapkan sebuah kalimat yang tertera dalam aplikasi lalu aplikasi akan mendekteksi dan mengoreksi  tiap kata yang kita ucapkan apakah sudah benar sesuai dengan kaidah bahasa inggris.

  • KESEMPATAN MEMPEROLEH SERIFIKAT CEFR

Belajar di NEO Study juga bisa mendapatkan sertifikat kemampuan berbahasa inggris bertaraf internasional. Sertifikat ini adalah CEFR (Common European Framework). CEFR adalah tes  untuk mengukur  kefasihan berbahasa inggris secara efektif  Pertama kali diluncurkan pada tahun 2001, CEFR ini disusun oleh  majelis Uni Eropa yang bekerjasama dengan Universitas Top di Eropa .

Proses untuk  mendapatkan setifikat CEFR ini adalah  pengguna perlu mengikuti beberapa rangkaian tes dahulu, rata-rata tes ini di berikan sekali dalam sebulan.   Saat NEO dan coach telah menilai pengguna mampu menguasai bahasa yang dibutuhkan untuk sebuah level CEFR, NEO akan menentukan Exit Exam yang sesuai secara otomatis. Setelah lulus Exit Exam,  NEO akan meninjau catatan Study record, Mastery Test, exit test lalu mengirimkan sertifikat CEFR secara eletronik. Dalam sertifikat CEFR ini terdapat kode unik, nama dan foto untuk verifkasi pihak ketiga. Kode unik dalam sertifikat memungkinkan sekolah atau kantor untuk memverifikasi kemampuan berbahasa inggris pemiliknya secara kredibel, mudah dan cepat.

neo study

Setelah mengenal  tentang aplikasi NEO Study tidak sabar rasanya saya ingin mencoba fitur-fitur canggih dalam aplikasinya. Namun sebelum mencoba saya perlu melakukan Placement Test terlebih dahulu. Placement Test atau tes penempatan adalah tes yang perlu dilakukan pengguna sebelum mulai belajar untuk menentukan level kemampuan berbahasa inggrisnya agar nantinya materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan level pemahaman pengguna.

Untuk mencoba Placement Test langkah pertama yang perlu dilakukan adalah install aplikasi Neo Study melalui Playstore untuk Android atau Appstore untuk pengguna Iphone. Selesai install lalu masuk ke aplikasi NEO STUDY. Selanjutnya akan tampil 3 pilihan menu seperti dibawah ini :

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Klik Placement Test lalu akan tampil VIDEO INSTRUKSI, mohon untuk menonton dulu videonya agar bisa mendapat gambaran seperti apa kira-kira tesnya akan berlangsung.

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Setelah menonton usai klik tombol LEWATI maka akan masuk ke proses Placement Test, untuk melihat lebih lengkap bagaimana langkah demi langkah melakukan Placement Test hingga membuat akun ujicoba melalui fitur TRY BEFORE BUY  silakan tonton video berikut ini:

 

Nah jika sudah berhasil membuat akun ujicoba maka pengguna sudah bisa nih mencoba konten belajar Neo Study.  Melalui  TRY BEFORE BUY ini pengguna akan dapat akses free trial untuk mencoba berbagai fitur dalam aplikasi secara gratis, benefit lain yang juga bisa didapatkan adalah sebagai berikut :

  • 15 Hari akses gratis ke sistem NEO
  • 2 Token untuk satu sesi live gratis dengan coach
  • Bisa upgrade ke versi berbayar tanpa kehilangan data belajar sebelumnya

Sangat menguntungkan sekali menurut saya fitur TRY BEFORE BUY ini karena pengguna bisa mencoba dulu, kalau cocok baru kemudian bisa upgrade ke versi berbayar. Oh iya dua fitur lain yang bisa di coba di versi trial ini adalah STUDY dan COACH.

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Fitur STUDY yang disediakan dalam aplikasi sangat interaktif, konten belajar berisi visual yang menarik dipandang mata. Test komperhensifnya juga menyenangkan, tinggal simak pertanyaannya lalu klik jawaban kemudian point akan muncul. Jika point sudah mencukupi ambang maksimal maka bisa naik ke level berikutnya.  Seru ya seperti sedang main game.

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Kesimpulannya, saya senang sekali belajar bahasa inggris via Neo Study ini. Benar-benar aplikasi belajar bahasa inggris yang efektif karena disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Juga sangat fleksibel karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Terakhir, untuk teman-teman yang ingin tahu informasi tentang NEO STUDY bisa follow sosial medianya ya, via Instagram atau Youtubenya dibawah ini:

aplikasi belajar bahasa inggris efektif neo study

Atau bisa juga melalui websitenya yang bisa diakse di sini

web neo study
Website Neo Study

Salam

Titik Wihayanti

 

 

Referensi :

Pengertian Industri 4.0 dan Penerapannya di Indonesia

https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/16/160000169/pengertian-industri-4.0-dan-penerapannya-di-indonesia?page=all

Memahami Berbagai Perubahan di Era Revolusi Industri 4.0

https://www.itb.ac.id/news/read/57037/home/memahami-berbagai-perubahan-di-era-revolusi-industri-40

5 Program Ini Membangun SDM Unggul Indonesia di Era Industri 4.0

https://edukasi.kompas.com/read/2019/03/13/19300891/5-program-ini-membangun-sdm-unggul-indonesia-di-era-industri-40?page=all

Anak Muda RI Mesti Kuasai Bahasa Inggris Hadapi Revolusi Industri

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3235925/anak-muda-ri-mesti-kuasai-bahasa-inggris-hadapi-revolusi-industri

Kenalkan neo, Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Canggih dan Gratis

https://www.grid.id/read/04950063/kenalkan-neo-aplikasi-belajar-bahasa-inggris-canggih-dan-gratis?page=all

Website resmi Neo Study

https://hello.myneo.space/id.php

12 thoughts on “Ingin belajar bahasa inggris yang efektif dan fleksibel ? Yuk, Coba Neo Study

  1. Komplit banget fitur di Neo Study ya Mbak Titik. Dulu sekali, saya juga pernah ikut pemilihan mahasiswa teladan, dan salah satu tesnya wawancara pake bahasa inggris. Jadi geli sendiri kalau ingat. Bahasa inggris saya pas-pasan, jadi waktu jawab sebisanya hehee. Sekarang tidak perlu ribet lagi ya kalau mau belajar bahasa inggris. Bisa via online. Semangat belajar lagi deh buat Emak-Emak kayak kita, biar tidak ketinggalan zaman.

  2. Hmmm … Sepertinya menarik. Aku sedang terpikir untuk lebih sering menggunakan bahasa Inggris lagi baik lisan maupun tulisan. Setelah bekerja dari rumah, jarang menggunakan bahasa Inggris, rasanya lidahku terasa kaku.

    Tapi buat ambil kursus pun waktunya nggak memungkinkan. Jadi Placement Test masih free, ya? Deg-degan nih nanti saat tahu biaya belajarnya, hahaha …

  3. Wah menarik nih, aku sempet 2017 lalu les offline dan ngerasain manfaat kalau (lebih) fasih bahasa inggris, trusnya setelah itu punya anak kedua lalu bhay ga belajar lagi. Liat ini jadi pengen coba, apalagi bisa online kan mudah ya sambil di rumah ga terikat waktu

  4. Era digital semakin mempermudah mengakses ilmu yang bisa kita pelajari. Apa lagi Bahasa Inggris. Terima kasih share info Neo Study nya ya mbak. Suka belajar Bahasa Inggris lagi biasanya buat mendukung belajar menulis artikel berbahasa Inggris.

  5. Menguasai salah satu bahasa asing memang sangat penting sih. Rasanya aplikasi neo ini cucok banget buat pekerja yang kadang buat kursus online tu nggak sempat. Ahay… Hehehe

  6. Ih keren banget aplikasinya. Ini nih yang menjawab kebutuhan belajar untuk emak2, hehe. Saya juga ikut belajar bahasa inggris online pake platform Wa dari sebuah lembaga, tapi sudah beberapa bulan ini stop dulu. Apakah ini pertanda kalau saya harus beralih ke neo study? Hihihi..cus instal ah.

  7. Pas banget deh ini buat mak emak sibuk yang susah keluar rumah ya Mba Titik. Soalnya malu juga ya kalo skelas ama anak SMA hehehe. Liatin fiturnya sepertinya lengkap ya. Cobain ah. Makasih ya mba buat reviewnya

  8. Nah, enak nih kalau ada trial-nya, jadi udah gambaran sebelum bener-bener mendaftar. Sayang biayanya gak dicantumkan ya, Mbak. AKu jadi penasaran banget nih.

  9. E-learning semacam ini memang paling fleksibel dan sesuai dengan perkembangan zaman, ya. Ga ada lagi kamus malas belajar karena jarak. Belajar Bahasa Inggris pula. Jadinya lebih menyenangkan ya, Mbak. Penasaran nih saya karena dulunya ini jurusan saya pas kuliah 😉

  10. Asyik juga ya, sekarang bisa belajar bahasa Inggris secara online. Jadi lebih efektif dan fleksibel. Gak perlu pergi keluar rumah.

  11. Wahh, sepertinya asyik belajar di Neo Study. Pengen ikut ujicoba-nya, ah. Secara e-learning ini cocok banget dengan nomaden sepertiku. 😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *