Ide bermain seru mengenal angka dan warna untuk anak laki-laki

Putra saya Naoki sekarang sedang ada di periode sensitif dengan angka dan warna. Dalam teori Montessori,  periode sensitif ini artinya anak  sedang sangat menaruh minat pada topik tertentu misalnya huruf, angka, warna dan lainnya. Nah karena lagi ada di fase sensitif sama angka, Naoki jadi senang belajar apapun yang berkaitan angka. Ia sekarang sudah paham simbol angka 1-10, sudah bisa menyebutkan nama namanya dengan benar. Nah mumpung sedang tertarik banget dengan angka,  enggak ada salahnya saya mulai mengenalkan ke tingkatan selanjutnya yaitu berhitung dan mengenal kuantitas angka. Tapi dengan catatan ya, mengenalkannya tanpa di paksa dan proses belajarnya juga harus disampaikan dengan cara yang menyenangkan. Cara yang saya pakai lewat bermain. Saya coba buatkan sebuah permainan yang didalamnya terselip pengenalan tentang berhitung dan kuantitas.

Oh iya, mungkin Bunda belum paham kenapa saya memilih tidak hanya mengenalkan simbol angka tapi juga kuantitasnya? Karena  menurut saya ini adalah salah satu pengenalan konsep dasar berhitung dalam matematika. Bahwa angka itu bukan hanya sekedar simbol, tapi juga memiliki makna yang berarti dalam setiap angka itu ada jumlahnya. Angka satu berarti ada isi benda atau sesuatu yang kalau dihitung jumlahnya adalah satu. Dan seterusnya.

Apa engga terlalu berat untuk anak usia dini ? Menurut saya tidak asalkan dikenalkannya dengan cara bermain yang menyenangkan. Anak ga akan serasa lagi belajar, dia tahunya sedang bermain tanpa sadar bahwa sebenarnya ia juga sedang belajar.

Di permainan ini saya juga menggunakan media bermain yang mudah dan murah. Bahkan enggak perlu menyiapkan alat terlalu khusus, saya pakai saja mainan yang ada di rumah.

Medianya pakai apa? Yuk simak dibawah ini:

Alat dan Bahan Media Bermain :

Karena Naoki kebetulan suka sekali dengan mainan mobilan dan  jumlah mobilnya ada banyak, jadi saya pakai media ini saja dengan tambahan kertas HVS dan spidol warna.

 

Menyiapkan permainan:

Setelah alat dan bahan siap selanjutnya buat permainannya :

  • Pertama siapkan dulu beberapa mobil mainan

ide bermain mengenal angka

  • Kedua, potong-potong kertas HVS seperti dibawah ini :

ide bermain mengenal angka

  • Selanjutnya tulis angka 1-5 pada masing-masing kertas, saya sengaja hanya mengenalkan 5 angka dulu. Setelah nanti anaknya bisa mengenal simbol dan kuantitas hingga angka 5 baru dilanjutkan ke angka yang kuantitasnya lebih tinggi yaitu 6-10.

ide bermain mengenal angka

  • Selesai membuat kartu angka, selanjutnya buat lingkaran warna di masing-masing kertas seperti dibawah ini:

ide bermain mengenal angka

Nah sekarang membuat media bermainnya sudah selesai, siap dimainkan bersama si kecil.

ide bermain mengenal angka

Cara bermain :

1.Mengenal angka dan kuantitas

  • Siapkan media bermainnya lalu beritahukan ke anak nama-nama angkanya.
  • Setelah anak bisa menyebut nama angkanya selanjutnya ajak mengenal kuantitasnya, caranya dengan mengumpulkan jumlah mobil sesuai dengan angkanya. Contohnya bisa dilihat pada video berikut ya:

Hasil bermainnya kira-kira nanti akan seperti ini :

ide bermain mengenal angka

2.Mengenal dan mengelompokan warna:

  • Siapkan media bermainnya lalu beritahukan ke anak warnanya yang ada dikertas juga warna mobilannya.
  • Setelah anak bisa menyebut nama warna selanjutnya ajak mengelompokan mobil berdasarkan warna yang sama. Contohnya bisa dilihat pada video berikut ya:

Hasil bermainnya kira-kira nanti akan seperti ini :

ide bermain mengenal angka

Nah gimana menarik tidak Bunda permainannya? yuk coba di rumah bersama si kecil. Bermain sambil belajar ini sangat menyenangkan loh buat anak anak. Semoga ide bermainnya bisa menginspirasi ya.

 

Salam

Titik Wihayanti

27 thoughts on “Ide bermain seru mengenal angka dan warna untuk anak laki-laki

  1. Wah kreatif mbak♥️. Dari mainan bisa dijadikan bahan belajar untuk anak. Bisa dijadikan referensi untuk sumber bermain dan belajar bagi anak² saya ini mbak. Thankiss♥️

  2. Senang yaaa kalau putranya aktif dan semangat belajar. Mamanya harus banyak ide deh. Bagus nih, dari kumpulan mainannya bisa belajar hal baru.

  3. Cara brlajar anak usia dini memang lebih kepada bermain Mbak. Dulu sewaktu saya mengajar di taman kanak-kanak juga metodenya sama dwngan itu. Dengan cara seperti itu, anak-anak lebih mudah dalam memahaminya. Sip kretif banget mbak Titik.

  4. Bentuk permainan yang sederhana tapi kreatif. Iya sih, mengenalkan angka pada anak bukan hanya sebatas bentuknya saja tapi juga banyaknya benda pada angka yang dimaksud. Itu akan lebih memudahkan anak-anak dalam belajar ya, Mbak.

  5. Wah, mbk Titik seru sekali belajar sambil bermain dengan si kecil. Bisa nih nanti Dewi praktekkan di rumah. Makasih tips mengenal angka dan warnanya:) anak-anak pasti suka….

  6. Ide permainan yang kreatif Mbak. Dalam sekali main, bisa mengenal beberapa kajian tentang angka. Semoga Naoki juga nanti bisa kreatif seperti mamanya ya

  7. wah kreatif banget ya mbak, bisa untuk ide mainan anakku yang laki2 juga seneng main mobil-mobilan. makasih idenya mbak patut dicoba nih

  8. Permainannya kreatif banget mbak titik… Anak-anak jadi bermain sambil belajar. Zaman modern gini, cari referensi bermain anak tinggal cari di ibu-ibu yang seneng nge-blog. Lengkap dan bermanfaat 👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *