Ide bermain asyik mengenal hewan air & darat untuk anak usia 3 tahun ke atas

ide bermain mengenal hewan laut air darat

Haloo Bunda, sudah lama banget rasanya enggak posting ide bermain di Blog. Padahal selama buat maret kemarin hampir setiap hari ada ide bermain baru yang saya bikinkan buat Naoki. Apalagi semenjak himbauan social distancing mulai diberlakukan oleh pemerintah maret kemarin, otomatis Naoki jadi enggak ada kegiatan bermain sama teman di luar rumah. So, supaya dia enggak bosan dan juga enggak gangguin ayahnya yang WFH (Work From Home),  saya musti pintar-pintar cari kegiatan supaya dia tetap sibuk dan happy di dalam rumah.

Dan kali ini saya mau berbagi nih ide bermain buat anak usia 3 tahun ke atas. Namanya ide bermain mengenal hewan air dan darat. Enggak hanya mengenal saja sebetulnya, tapi lewat permainan ini anak juga bisa membedakan hewan berdasarkan habitat hidupnya. Di permainan ini anak nantinya akan diajak mengelompokan hewan berdasarkan habitatnya.

Oh iya, permainan ini terdiri dari 2 bagian. Yang pertama bermainnya menggunakan media printable, yang kedua menggunakan media replika hewan, air dan tanah. Nah penasaran kan permainannya seperti apa? simak sampai akhir ya, ada tutorial cara bikin permainannya juga lho.

Permainan bagian 1 : Menggunakan Printable hewan laut dan darat

Alat dan bahan:

  • Printable mengelompokan hewan darat/air. Printable ini saya dapat dari website Indonesia Montessori, Bunda juga bisa download secara free disini.

ide bermain mengenal hewan laut air darat

  • Siapkan juga nampan sebagai alas,lem untuk menggunting dan lem kertas untuk menempel

Menyiapkan permainan :

  • Print printable yang sudah di download
  • Siapkan nampan lalu simpan printable, gunting dan lem kertas diatasnya

ide bermain mengenal hewan laut air darat

  • Permainan siap digunakan

Cara bermain

  • Bawa nampan ke hadapan anak lalu beritahu bahwa hari ini Bunda akan mengajak bermain mengelompokan hewan darat dan air
  • Tapi sebelumnya Bunda ajak dulu menggunting gambar-gambarnya
  • Kalau anak belum mahir menggunting boleh skip langkah kedua ini ya

ide bermain mengenal hewan laut air darat

  • Setelah selesai menggunting perkenalkan dulu hewan dan habitatnya ya. Caranya, ambil satu gambar hewan, misalnya harimau. Beritahu ke anak bahwa harimau adalah hewan yang hidup di darat. Darat itu artinya hidup di tanah, seperti hutan atau kandang ternak.
  • Lanjut ambil satu hewan lain, misalnya cumi-cumi. Beritahu ke anak bahwa cumi-cumi adalah hewan yang hidup di air. Hidup di air itu contohnya di laut, sungai, rawa atau aquarium.
  • Terus lanjutkan sampai semua hewan sudah diperkenalkan ke anak.
  • Selesai mengenalkan hewan sekarang waktunya Bunda mengajak anak mengelompokan hewannya
  • Siapkan dua lembar printable gambar habitat darat dan habitat air, lalu minta anak mengelompokan hewan berdasarkan habitatnya, contohnya seperti dibawah ini:

ide bermain mengenal hewan laut air darat

  • Jika sudah selesai hasilnya kira-kira seperti ini

Nah sekarang lanjut ke permainan bagian ke 2 ya

Permainan bagian 2 : Menggunakan replika hewan, air laut dan tanah

Permainan kedua ini sama manfaatnya yaitu mengelopokan hewan air dan darat. Cuma medianya berbeda, pakai figure hewan, air dan media tanah dari playdough. Tujuan dari permainan ini untuk memberi pengalaman berbeda ke anak, yaitu mengenal habitat hewan menggunakan media yang lebih konkret . Kalau sebelumnya kan dia belajar pakai kertas sekarang pakai benda yang menyerupai wujud aslinya.

ide bermain mengenal hewan laut air darat

Alat dan bahan:

  • 2 Buah baskom
  • 1 Buah nampan
  • Air 1 baskom dan pewarna makanan warna biru
  • Replika mainan hewan darat dan laut
  • Bahan membuat media tanah yaitu tepung terigu, air dan pewarna makanan warna cokelat. Oh iya karena saya tidak punya perwana makanan warna cokelat, saya mencampur dua warna yaitu merah dan kuning, nanti hasilnya jadi agak kecokelatan.

ide bermain mengenal hewan laut air darat

Menyiapkan permainan :

1.Membuat media tanah dari playdough:

  • Campur tepung, air dan pewarna makanan
  • Uleni adonan sampai kalis
  • Hasilnya nanti seperti ini :

ide bermain mengenal hewan laut air darat

2.Membuat media air warna biru :

  • Tuang air ke baskom
  • Campurkan pewarna makanan secukupnya sampai air berwarna biru seperti air laut

ide bermain mengenal hewan laut air darat

3.Siapkan media bermain seperti gambar berikut :

ide bermain mengenal hewan laut air darat

Cara Bermain:

Cara bermain di bagian kedua ini sama seperti pada permainan  bagian 1, yaitu kenalkan dulu nama hewan dan habitatnya setelah itu minta anak mengelompokan hewan-hewannya, mana yang hidup di darat (tanah) dan mana yang hidup di air (laut).

Nah gimana Bunda? Menarik kan permainannya?  apalagi kalau buat anak laki-laki seperti Naoki. Betah banget diajak bermain seperti ini. Semoga ide bermain ini bisa jadi inspirasi bermain dengan anak di rumah ya.

Selamat bermain.

23 thoughts on “Ide bermain asyik mengenal hewan air & darat untuk anak usia 3 tahun ke atas

  1. Yeayyy… dapat ide bermain. Tapi disimpan dulu karena anak saya masih berusia 2.5 tahun, jadi nunggu setengah tahun lagi baru deh bisa diterapkan.

  2. Wah seru nih. Melatih anak konsentrasi dan juga belajar mengenal hewan darat dan air. Itu playdoughnya bikin sendiri juga ya Mbak, jadi aman buat anak-anak. Makaaih idenya, bermanfaat sekali.

  3. Seru banget bermain sambil belajar. Anak-anak pasti suka dan semangat banget ya k. Jadi pengen ngikutin juga deh sama anak-anakku makasih ya k artikelnya bermanfaat banget nih apalagi pas masa wabah begini.

  4. Bagus juga mba idenya. Kebetulan anak saya juga belum banyak tahu soal hewan di laut selain ikan. Suka sih bikin permainan anak gini, cuma suka lupa nyiapinnya hehe

  5. asik banget naoki yah mainnya. anakku 4 tahun juga senang nih main air sama pasir begini, tapi kalau untuk menggunting harus liat moodnya dulu ga begitu suka soalnya hihi. makasihidenya ya mbak, download printablenya dmnkah?

  6. Wah, sepertinya menyenangkan ya. Mudah lagi membuatnya. Cuma saya tidak punya banyak dough. Apa mbak pernah posting cara membuat dough di sini?

  7. Menarik idenya mbak. Permainan bagian 2 dijamin bakalan menarik perhatian anak banget, tapi permainan bagian 1 juga lebih simpel. Tinggal kita sesuaikan aja ya mbak, karena keduanya tetep sama-sama menambah pengetahuan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *