DIY Puzzle Gambar pakai kertas Origami

Kalau mendengar kertas origami. Biasanya apa sih yang terlintas di benak Bunda? Pasti yang terpikir adalah bentuk origami lucu-lucu yang seperti ini gambar ini ya

origami titikwihayanti.com
Sumber gambar : pixabay.com

Memang benar, kertas origami adalah kertas berbentuk persegi yang biasanya dipakai dalam kegiatan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang atau disebut origami. Kertasnya ada yang berwarna warni ada juga yang bercorak.

Nah Bunda, selain dijadikan origami, ternyata kertas ini bisa juga lho dikreasikan menjadi ide bermain lain buat anak. Salah satu contohnya seperti yang saya buat ini, DIY Puzzle Gambar memakai kertas origami.

Kertas origami yang saya pakai yang polos berwarna-warni. Kertas origami tidak susah ditemukan, di toko alat tulis atau toko bahan craft biasanya selalu tersedia. Oh iya, tujuan dari permainan ini adalah untuk mengenalkan bagian-bagian penyusun dari benda atau mahluk hidup menjadi bentuk utuh. Selain itu anak juga bisa belajar tentang squences atau mengurutkan. Permainan ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Untuk tutorial cara membuat dan bagaimana cara mainnya, simak selengkapnya di bawah ini ya:

CARA MEMBUAT :

  • Siapkan alat dan bahan yaitu gunting, beberapa lembar kertas origami, spidol, lem kertas dan beberapa lembar kertas HVS.

  • Selanjutnya gambar benda atau tumbuhan yang akan dibuat puzzle, contohnya pohon. Gambar dengan jelas bagain-bagiannya ya seperti daun, ranting, batang dan akar

  • Selesai digambar selanjutnya gunting, hasilnya kira-kira seperti ini :

 

  • Ulangi langkah diatas untuk gambar lainnya. Pilih gambar yang tidak rumit  dan sudah familiar dilihat anak. Saya memilih gambar rumah dan mobil.

Nah sekarang puzzlenya sudah siap, tinggal dimainkan sama anak.

CARA BERMAIN

Minta anak untuk memilih gambar apa dulu yang ingin dia susun. Misalnya anak memilih rumah, setelah itu minta ia untuk mengambil salah satu bagian gambar rumah, misalnya atap. beri lem kertas lalu tempelkan di kertas HVS. Lanjutkan ke bagian gambar lainnya hingga jadi satu gambar utuh.

Contoh cara bermainnya bisa dilihat divideo ini :

Setelah semua puzzle selesai di susun, selanjutnya ajak anak mengulangi kembali nama bagian-bagian dari bendanya. Contohnya seperti di video ini:

JIka semua puzzle sudah selesai disusun hasilnya nanti akan seperti ini :

Nah, gimana mudah kan Bunda cara membuat permainannya?  Semoga bisa jadi inspirasi ide bermain bersama anak di rumah ya.

 

Salam

Titik Wihayanti

12 thoughts on “DIY Puzzle Gambar pakai kertas Origami

  1. Waaaah kreatif banget kamu, mbaaaak.
    Kalo denger kertas origami, selain inget tentang bentuk-bentuk yang lucu juga inget tentang lipat-lipat yang nggak mudah hahaha
    Cuma bisa bikin lipatan baju akutuh 😥

  2. Ini mah Bundanya kreatif bangeet! Dengan bermain puzzle gambar pakai kertas origami, anak bisa diajak bermain sambil belajar ya…

  3. Seru ya, dulu anak-anak besar dengan puzzle ternyata berdampak ke dewasa bagaimana mereka menyusun potongan-potongan peristiwa dalam hidupnya

  4. Bermain seperti ini tuh pasti disukai sama anak-anak. Memang jadi ibu harus kreatif yaaa. Ah, jadi pengen punya momongan lagi, hehe

  5. Kreatif sekali Mbak, bisa jadi ide untu stimulasi balita ini. Sederhana tapi banyak manfaatnya. DIY Puzzle gambar pakai kertas origami , anak-anak bakal hepi pasti memainkan ini

  6. Kreatif sekali Mbak Titik. Ternyata tidak hanya untuk orogami saja ya kertas lipat itu. Kalau begini anak-anak juga tidak akan bosan ya. Kalau anak saya yang usia 6 tahun, baru senang menggunting kertas lipat menjadi bentuk-bentuk yang menarik, seperti tatakan gelas dan bunga.

  7. Auto kubookmark ni mba hehehe.. berguna banget buat ide main ama si kecil. Kan bisa ngurangin gadget time ya gak sih… Makasih yo mba sudah bikin tutorial ciamik kek gini 😍

  8. Wah…kenapa saya dulu nggak kepikir kaya gini ya? Hihi ketahuan saya nggak kreatif. Dulu saya bikin puzzle tuh dari gambar jadi yang saya potong, udah gitu doang..garing ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *