6 Jenis Makanan untuk Menaikan Berat Badan Anak dengan Cepat

Beberapa waktu yang lalu anak saya Naoki menderita batuk asma yang membuat berat badannya turun hingga 2kg. Tentang sakit yang di alami naoki bisa di baca di sini. Sedih rasanya karena Naoki lahir dengan berat badan minim (2.6kg) sehingga butuh upaya keras dari saya selama ini untuk mengusahakan ia memiliki berat badan normal sesuai dengan usianya.

Tapi sedih tidak boleh berlarut bukan? Saya bersyukur meskipun harus kehilangan berat badan banyak, sakit Naoki cepat tertangani. Cepat dikatahui sebabnya dan bisa segera diobati.  Setelah batuk Naoki membaik maka saya mendapat PR dari  dokter yaitu menaikan berat badan Naoki agak bisa kembali normal dari 13 kg menjadi 15 kg. Setelah mengikuti saran daftar makanan yang direkomendasikan oleh dokter,  alhamdulillah program menaikan berat badan naoki berhasil. Berat badan naoki berhasil naik sebanyak 1.5 kg dalam jangka waktu 10 hari saja. Lumayan cepat ya. Masya Allah.

Nah mungkin Bunda penasaran apa saja daftar  makanan yang saya berikan selama program tersebut? Kok bisa cepat sekali kenaikannya. Dipostingan kali ini saya akan memberikan daftar makanan apa saja yang direkomendasikan oleh dokter. Namun sebelum  itu, saya akan memberikan penjelasan singkat dahulu  tentang porsi gizi seimbang yang tepat untuk anak.

Gizi seimbang untuk MPASI (Usia 6 Bulan- 2 Tahun)

Pada saat masa MPASI anak tentu  banyak Bunda sudah paham tentang menu 4 bintang. Menu 4 bintang pada MPASI adalah makanan dalam 1 piring saji yang terdiri dari karbohidrat sebagai makanan pokok, protein hewani dan protein nabati sebagai lauk, serta sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

Meskipun saat ini sudah banyak para bunda yang membuat menu 4 bintang untuk mpasi anaknya. Namun ada hal kurang tepat  yang dulu saya lakukan dan mungkin juga masih dilakukan oleh  para Bunda hingga saat ini. Hal kurang tepat tersebut  adalah pembagian porsinya yang belum sesuai. Menurut penjelasan Dokter Emilia Suroto. SPA saat saya berkonsultasi di RS Limijati Bandung,  belum semua ibu paham tentang pentingnya pembagian porsi dengan tepat. Ibu-ibu di indonesia saat ini rata-rata masih sering memberikan lebih banyak karbohidrat agar supaya anaknya cepat kenyang. Atau seperti saya yang karena sangat ingin anak suka makan sayur dan buah maka porsi sayuran dan buah sama banyaknya dengan porsi karbohidrat. Padahal jika melihat gambar porsi gizi seimbang pada gambar berikut :

images (1)
Sumber gambar : instagram @happympasi.id

Porsi protein hewani seharusnya banyaknya mendekati porsi karbohidrat yaitu 1/3 atau 30% porsi makanan, sedangkan sayur dan buah hanya 25% atau seperempat dari keseluruhan porsi. Baru sisanya 10% untuk protein nabati. Hal ini yang membuat beberapa anak susah naik berat badannya termasuk Naoki saat itu. Pada menu MPASI yang saya berikan porsi protein hewaninya sangat kurang padahal protein hewani dan lemak lebih banyak dibutuhkan dalam MPASI. Protein hewani memiliki asam amino essensial dan juga lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak untuk mencegah stunting (tubuh pendek) dan kurang gizi.

Lalu untuk anak yang usianya sudah melewati masa MPASI (usia diatas 2  tahun)  apakah untuk mencapai gizi seimbang pembagian porsinya sama dengan gambar diatas ? Jawabannya sedikit berbeda. Untuk naoki karena usianya saat ini sudah lewat masa MPASI yaitu 3.5 tahun makan pedoman gizi seimbang yang digunakan bukan lagi yang diatas. Melainkan menggunakan porsi seperti pada gambar berikut :

fb_img_1536030231093
Sumber gambar : www.duniasehat.net

Namun khusus untuk program menaikan berat badan naoki karena mengejar ketertinggalan hingga 2 kg maka  dokter menyarankan untuk memberi lebih banyak protein hewani. Bahkan tanpa protein nabatipun tidak masalah. Untuk sayuran dan buah pun boleh dikurangi porsinya. Tujuannya agar berat badannya bisa naik lebih cepat. Setelah berat badan naoki mencapai normal maka pembagian porsi makannya kembali lagi seperti gambar diatas.

Nah setelah selesai pembahasan singkat mengenai porsi makan yang tepat selanjutnya saya akan tuliskan beberapa daftar makanan yang saya berikan dalam program kenaikan berat badan naoki, simak selengkapnya berikut ini :

  • Daging merah

Daging merah adalah sumber protein hewani paling utama saya berikan ke naoki. Daging merah yang saya pilih adalah daging sapi yang masih ada lemaknya. Jika membeli di supermarket atau di pasar pilih daging yang biasanya digunakan untuk sop. Daging bagian ini biasanya ada banyak lemak yang bagus untuk menaikan berat badan. Dalam kurun waktu 10 hari hingga berat badannya naik drastis, setidaknya selama 6 hari  saya memberikan menu daging merah diselang seling dengan menu lainnya. Daging merah ini saya olah  menjadi sop daging dengan wortel atau dibuat semur dicampur dengan buncis dan tempe.

  • Telur

Sumber protein hewani  lain yang saya juga berikan adalah telur. Khususnya telur ayam kampung yang kaya protein, vitamin dan omega3. Telur ini saya olah menjadi aneka menu misalnya di buat semur dengan tempe, dibuat tumis orak arik  telur dengan wortel, atau hanya digoreng saja. Direbus juga bisa.

  • Ikan

Sumber protein lain yang juga saya berikan adalah ikan. Ikan juga mengandung protein dan lemak, berbagai macam omega serta DHA. Jenis ikan yang saya berikan adalah ikan salmon dan ikan dori. Saya memilih 2 jenis ikan ini karena mudah didapatkan di supermarket dan sudah berbentuk filet sehingga memudahkan saya untuk mengolah. Namun selain 2 jenis ikan ini, ikan lain juga bisa diberikan. Pilih jenis ikan yang mengandung sedikit merkuri seperti ikan kembung, ikan lele, atau ikan gabus. 3 jenis ikan ini juga termasuk ikan yang mudah di temukan di pasar. Cara mengolah ikan dapat digoreng dengan tepung, dibuat sop ikan, atau dikukus dengan aneka rempah seperti jahe, lengkuas agar tidak bau amis.

  • Kentang dan keju

Kentang dan keju saya gabungkan dalam satu poin karena dua jenis makanan ini saya gunakan sebagai cemilan tambahan yang juga bisa menambah berat badan anak. Kenapa perlu cemilan tambahan? Jadi selain menu utama yang menggunakan bahan protein hewani saya juga membuat cemilan tambahan agar gizi dari makanan yang terserap juga semakin banyak. Kentang dan keju ini saya buat menjadi cheese stick kentang. Cemilan ini saya berikan 2 jam setelah makan utama. Misalnya setelah sarapan jam 7 pagi maka jam 9 saya berikan cemilan tambahan. Jeda 2 jam ini tujuannya agar si cemilan tidak membuat keyang perut saat jam makan selanjutnya tiba

  • Alpukat

Buah sebagai cemilan tambahan yang juga saya berikan ke naoki yaitu alpukat.  Alpukat mengandung lemak omega 3 yang baik untuk anak dan dipercaya bisa menambah berat badan anak. Cara mengolah alpukat ini cukup mudah,bisa dibuat jus dengan ditambahkan sedikit susu kental manis atau madu.

  • Pisang

Satu lagi cemilan berupa buah yang saya berikan ke naoki yaitu pisang.  Pisang mengandung banyak kalori yang juga baik untuk anak. Pisang ini bisa dibuat menjadi pisang keju atau langsung dimakan sebagai cemilan.

Nah bunda, itulah 6 jenis makanan yang pernah saya berikan dalam program menaikan berat badan naoki. Alhamdulillah hasilnya memuaskan berhasil naik 1,5 kg dalam 10 hari. Semoga daftar makanan ini juga bisa dicoba oleh bunda di rumah ya untuk menu booster berat badan anak-anaknya. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *