4 Ide Bermain Seru dan Simpel Berbahan Stiker Warna

Di tahun 2020, salah satu resolusi yang ingin saya capai adalah bisa sering meluangkan waktu bermain berkualitas bersama anak. Kenapa bikin resolusi ini? Karena saya merasa tahun 2019 kemarin, terutama di bulan-bulan menjelang akhir tahun. Saya merasa jarang memiliki waktu bermain yang benar-benar berkualitas sama anak, ada kegiatan tambahan yang perlu saya lakukan setiap hari diluar urusan domestik rumah tangga.  Efek dari bertambahnya kesibukan saya dan kurangnya quality time ini ternyata berpengaruh ke psikologis anak. Dia jadi mudah sekali rewel  demi mencari perhatian ibunya. Hiks

Untuk mencapai resolusi ini, langkah pertama yang saya lakukan adalah  memperbaiki manajemen waktu saya di rumah,  kedua lebih sering cari ide bermain yang mudah di eksekusi dan menarik buat anak. Karena nih ya dari pengalaman sebelumnya,  kadang saya dapat ide bermain yang kelihatannya seru. Permainan ini butuh prepare banyak alat- bahan dan bikinnya juga lumayan sulit, Eh pas di kasih ke anak, apa yang terjadi? Anaknya kebur, sama sekali enggak tertarik. Rasanya mau nangis mamak di pojokan Huwaaaa 🙁

Syukur Alhamdulillah, Awal tahun selama bulan Januari, resolusi ini sudah mulai bisa saya realisasikan. Setelah ngubek-ngubek pinterest buat mencari ide bermain. Akhirnya ketemulah beberapa ide bermain yang bahannya mudah didapat plus menyiapkannya juga enggak ribet. Bahan yang saya pakai adalah Stiker Warna. Stiker warna ini berbentuk bulat dengan diamter yang bervariasi. Antara 1-2 cm. Stiker ini bisa menarik perhatian anak untuk diajak bermain karena ada banyak warna-warna cerah. Merah, biru, hijau, kuning dan putih. Contoh stiker  yang saya pakai seperti ini:

ide bermain anak
Stiker warna warni

Stiker ini mudah didapatkan, banyak seller di marketplace yang menjual. Harganya juga tidak mahal hanya sekitar 10K berisi sekitar 4 lembar stiker. Nah dari 1 bahan stiker ini saya bisa kreasikan menjadi sekitar 4 macam permainan. Permainan apa saja ya dan bagaimana cara membuatnya. Simak selengkapnya berikut ini:

1. Melengkapi Warna

Permainan yang pertama adalah melengkapi warna pada gambar. Kegiatan ini mirip seperti sedang mewarnai gambar, bedanya kalau biasanya mewarnainya pakai crayon atau spidol kali ini saya ganti dengan stiker warna. Supaya lebih menarik buat anak. Manfaat permainan ini adalah untuk stimulasi motorik halus anak dan juga belajar mencocokan warna yang sama.

Bahan yang diperlukan :
  • Kertas HVS ukuran A4
  • Spidol
  • Stiker warna
ide bermain anak
Alat dan bahan permainan melengkapi warna
Cara membuat :

Gambar bentuk pohon, pohon, matahari, rumah dan mobil. Pada bagian tengah tiap gambar beri bentuk bulat kecil berukuran 1cm. Contohnya seperti digambar berikut ini:

ide bermain anak

Selanjutnya pada tiap gambar, tempelkan satu stiker warna. Tiap gambar warna stikernya harus berbeda. Contohnya seperti digambar berikut ini:

Gambar yang dibuat tidak harus pohon, matahari, rumah seperti contoh diatas. Bisa gambar apapun sesuai dengan minat anak.

Cara bermain:

Minta anak melengkapi tiap gambar dengan stiker warna yang sesuai. Contohnya seperti divideo berikut ini:

Hasilnya bisa dilihat seperti ini:

2. Mengenal Kuantitas

Permainan yang kedua adalah mengenal kuantitas angka. Jadi anak nantinya akan belajar bahwa angka itu memiliki kuantitas atau isi. Misalnya angka 1 artinya angka itu memiliki isi/kuantitas 1 buah/biji. Manfaat permainan ini adalah untuk stimulasi motorik halus, stimulasi kemampuan kognitif yaitu berhitung juga pengenalan konsep dasar matematika tentang kuantitas dengan cara yang fun.

Bahan yang diperlukan :
  • Kertas HVS ukuran A4
  • Spidol
  • Stiker warna

ide bermain anak

Cara membuat :

Buat gambar seperti pada contoh berikut:

ide bermain anak

 

Tiap  angka harus memuat  bulatan kecil untuk stiker sesuai dengan jumlah kuantitasnya.Gambar yang dibuat bebas tidak harus telur atau kereta. Bisa gambar apapun sesuai dengan minat anak.

Cara bermain:

Minta anak menempelkan stiker sesuai dengan jumlah angkanya. Lalu ajak anak menghitung stikernya. Contohnya seperti di video berikut ini:

Hasilnya bisa dilihat seperti ini:

ide bermain anak

3. Menghitung Jumlah Warna

Permainan yang ketika adalah menghitung jumlah stiker yang warnanya sama. Jadi melalui permainan ini nantinya anak  akan belajar mengelompokan warna yang sama,  belajar menghitung dan menulis angka dengan cara yang menyenangkan.

Bahan yang diperlukan :

  • Kertas HVS ukuran A4
  • Spidol
  • Stiker warna

ide bermain anak

Cara membuat :

Tempelkan stiker secara acak lalu pada bagian samping atau bawah, buat sekitar 4 kotak. Disamping kotaknya tempelkan masing-masing satu warna yang berbeda. Contohnya seperti berikut:

 

Cara bermain:

Minta anak melingkari  stiker yang warnanya sama lalu hitung jumlahnya dan tuliskan hasilnya pada kotak yang tersedia. Contohnya seperti divideo berikut ini:

Hasilnya bisa dilihat seperti ini:

Ide bermain anak

 

4.Mencocokan Pola Warna

Permainan yang ketika adalah mencocokan pola warna. Permainan ini saya adaptasi dari buku Rumah Main Anak karya Julia Sarah Rangkuti.  Berdasarkan informasi dalam permainan ini memiliki manfaat antara lain :

  • Stimulasi daya ingat dan atensi
  • Stimulasi kemampuan visual spasial
  • Stimulasi fokus dan konsentrasi
  • Stimulasi kemampuan kognitif
  • Stimulasi mencocokan warna

Bahan yang diperlukan:

  • Stik eskrim
  • Stiker warna
  • Spidol
  • Kertas HVS atau kardus bekas

Ide bermain anak

Cara membuat:

  • Tempelkan stiker warna pada stik eskrim seperti berikut, satu stik eskrim pola warnanya berbeda

ide bermain anak

  • Gambar bentuk stik eskrim pada kertas HVS, gunakan stik eskrim sebagai cetakan gambar

ide bermain anak

  • Tempelkan stiker warna pada gambar stik di kardus, polanya mengikuti pola warna pada langkah pertama.

ide bermain anak

 

Hasilnya seperti ini :

ide bermain anak

Alat permainan siap digunakan

Cara bermain;

Minta anak mencocokan pola pada stik eskrim sesuai dengan yang tertera dengan pola yang ada dikardus. Contohnya bisa dilihat pada video berikut:

Jadi inilah 4 ide bermain yang sebelumnya sudah saya buat untuk putra saya Naoki. Alhamdulillah semuanya tidak ada yang ditolak. Semoga ide bermain ini bisa jadi inspirasi Bunda untuk membuat media bermain bagi putra putrinya ya.

 

Salam

Titik Wihayanti

10 thoughts on “4 Ide Bermain Seru dan Simpel Berbahan Stiker Warna

  1. Menarik sekali ya Mbak Titik permainannya. Jadi pengin nyoba buat anak saya yang kecil. Dia juga suka bermain warna, mewarnai sama menulis. Kayaknya cocok dengan permainan ini.

  2. Waaahh, dari stiker mbulet sederhana kayak begitu aja, ternyata bisa ciptakan banyak permainan yang luar biasa untuk anak, ya? Keren banget, jadi Emak memang harus kreatif. Xixi, mau niru aaahhh.

  3. Kita memang harus punya banyak ide untuk menarik minat anak ya Mbak. Meski akan ada banyak hal yang bisa, kadang kita orang dewasa susah dapatkannya.

  4. Luar biasa, ternyata dari barang-barang sederhana, kita bisa ubah menjadi permainan yang murah dan menarik. BTW, permainan ini untuk rentang usia berapa mbak?

  5. Wah idenya oke banget nih bunda. Alat dan bahannya mudah didapat, permainannya mudah diaplikasikan dan anak-anak pun suka. Boleh dicontek gak nih idenya bund buat praktek di rumah?

  6. wah lucu banget mbak bentuk dan gambarnya jadi makin menarik ya untuk anak. Bisa juga nih idenya, berasa saya lagi di TK lagi hehehe daripada kecanduan gawai ya mba

  7. Mbak Titik kreatif sekali dan rajin menstimulasi Naoki.
    Bisa jadi ide buat para Bunda dan putra-putrinya ini. Permainan seru yang banyak manfaatnya.
    Sehat dan makin pintar ya Naoki

  8. Idenya brillian! Aku gak pernah kepikiran beli stiker kayak gini. Walah, ke mana aja selama ini.Daripada susah2 gunting kertas origami warna-warni, pakek stiker ini kan praktis banget. Makasih idenya Mbak.

  9. Ah, ini mengingatkan kebiasaaan anak saya yang kelas 5 SD. Kalo libur, dia lebih suka di kamar bikin gambar game-game yang ia mainkan di HP. Etapi, yang seperti ini kayaknya belum dilakukan sama anakku. Makasih tipnya Mba..?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *