4 cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit

Common cold akibat cuaca buruk, penyakit menular pasca banjir, hingga virus mematikan Covid-19 dapat menjadi ancaman serius bagi tubuh. Salah satu langkah penting agar terhindar dari acaman tersebut adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh agar bisa bertahan memerangi segala macam serangan penyakit.

***

Sejak agustus tahun 2019 lalu indonesia terus dilanda cuaca buruk. Hujan deras, angin kencang hingga puting beliung kerap melanda sejumlah kawasan di indonesia.  Peralihan musim pancaroba dan perubahan iklim menjadi penyebab cuaca berlangsung tak menentu. Cuaca yang demikian dapat mengundang banyak penyakit, seperti batuk, flu, sakit tenggorokan, dan sakit tipe common cold lainnya.

Perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan juga menyebabkan banjir di sejumlah daerah di indonesia. Yang paling bikin heboh adalah banjir yang terjadi di Ibu Kota Jakarta serta daerah sekitarnya seperti Depok, Bekasi dan Bogor pada bulan Januari lalu.  Banjir besar akibat curah hujan ekstrem ini sempat membuat aktivitas warga lumpuh serta banyak kehilangan harta benda, bahkan kabarnya ada 66 korban meninggal dunia. Sungguh berita yang sangat memilukan diawal tahun 2020 ini.

Tidak hanya di Jakarta, banjir juga sempat melanda sekitar tempat tinggal saya. Tepatnya tanggal 29 Februari 2020. Banjir bandang yang melanda kecamatan Rancaekek dan Jatinanor ini disebabkan oleh meluapnya sungai Cikreuh.  Banyak rumah warga rusak serta menyebabkan akses jalan penghubung antara kabupaten Sumedang dan rancaekek, kabupaten Bandung tidak dapat dilalui warga.

 

 

Banjir memang selalu membawa pilu, tidak hanya kehilangan harta benda dan korban jiwa. Banjir juga dapat menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit akibat menggenangnya air yang kotor. Air luapan banjir yang bercampur dengan air selokan, sampah, bangkai binatang, kotoran manusia dan hewan merupakan sumber berkembanganya berbagai bakteri dan virus, dan hal ini bisa menyebabkan berbagai penyakit menular mulai menjangkiti. Berapa penyakit yang sering muncul saat banjir diantaranya :

 

Belum reda rasanya duka akibat banjir melanda, indonesia ternyata masih terus dihadang dengan musibah. Adalah virus corona yang semula berasal dari negara China kini juga mulai menjakit di indonesia.

Presiden Joko Widodo tanggal 2 Maret 2020 mengumumkan kasus virus Corona pertama ini Indonesia.Sejak kasus pertama ini diumumkan hingga saat ini korbannya telah mencapai 512 orang (22/03/2020), dan diperkirakan  akan terus bertambah . Tentu hal ini membuat banyak masyarakat khawatir, termasuk saya,  karena ancaman tertular virus tentu bisa menjakiti siapa saja.

Serangan commom cold akibat cuaca buruk, ancaman penyakit menular pasca banjir serta wabah Corona yang datang secara beriringan ini kemudian membuat saya berfikir, apa ya hal yang perlu saya persiapkan agar saya dan keluarga bisa tetap bisa sehat dan tahan banting menghadapi berbagai situasi buruk ini ?

Mengenal sistem kekebalan tubuh manusia

“Hal yang paling menyenangkan di tengah masa sulit adalah kesehatan yang baik dan tidur yang cukup” 

– Knute Nelson

Tuhan YME, menciptakan tubuh menusia begitu lengkap beserta mekanisme pertahanannya . Mekanisme pertahanan dalam tubuh ini disebut dengan Sistem Imun . Sistem imun terdiri dari sekelompok sel, jaringan, organ yang berkerja bersama-sama untuk memerangi benda asing yang mencoba menyerang tubuh. Benda asing ini disebut dengan patogen yang umumnya berupa virus, bakteri , jamur atau parasit.

Menjaga daya tahan tubuh

Sel darah putih atau leukosit memerupakan sel yang sangat berperan penting dalam penyusun komponen sistem imun tubuh. Leukosit akan bekerja melalui pembuluh limpatik dan pembuluh darah berpatroli ke seluruh tubuh untuk memantau adanya kemungkinan penyerang yang berbahaya yang mencoba masuk ke dalam tubuh manusia.

Pentingnya menjaga daya tahan tubuh

Dalam tubuh manusia, imun sistem ini ibarat kumpulan pasukan panjaga. Pasukan penjaga ini akan berada di garda terdepan jika ada musuh yang mencoba menyerang tubuh. Jika pasukan yang penjaga ini memiliki senjata yang kuat maka seberapa banyak musuh yang akan menyerah akan tetap bertahan. Namun jika senjatanya lemah maka tentara akan kalah dan musuh akan dengan mudah menyerang tubuh.

Inilah mengapa sistem imun  tubuh  perlu terus dijaga karena sistem imun amat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Baik itu penyakit akibat virus, bakteri, jamur dan lainnya.

menjaga daya tahan tubuh

Tidak hanya perlu dijaga, dalam kondisi buruk seperti saat ada wabah seperti virus corona. Daya tahan tubuh juga perlu terus ditingkatkan. Apalagi ketika sedang wabah menjakiti suatu kawasan seperti virus Corona, maka resiko tertular virus akan sangat rentan terjadi. Daya tahan tubuh yang terus ditingkatkan akan mengurasi resiko untuk ikut tertular.Bahkan dalam upaya pencegahan virus Corona, pemerintah juga menghimbau masyarakat untuk terus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga : Menangani batuk pilek anak

4 Cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti mengkonsumsi makanan bergizi, rajin berjemur, mengkonsumsi probiotik, berolahraga rutin dan lainnya. Namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas cara tersebut, saya akan berbagi cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara yang lebih mudah untuk diterapkan. Kenapa saya mengatakan lebih mudah, karena cara ini berasal dari pengalaman pribadi yang telah saya menerapkan beberapa bulan ke belakang. Alhamdulillah cara ini terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh kami sekeluarga. Nah apa saja cara yang telah saya terapkan. Mari simak berikut ini:

1.Menerapkan pola makan sehat

Makanan sehat sangat penting untuk tubuh, nutrisi dari makanan yang kita konsumsi akan diserap oleh tubuh menjadi pembentuk sel-sel. Sel-sel yang terbentuk dari makanan yang bergizi akan sangat berguna bagi tubuh untuk terus memperkuat sistem pertahanan imunitasnya. Dalam menerapkan pola makan  sehat ini setidaknya ada 3 langkah yang rutin saya terapkan yaitu :

  • Sarapan Buah

Sarapan buah di pagi hari saat perut kosong sangat baik untuk membantu tubuh mengaktifkan enzim pencernaan. Enzim pencernaan yang telah aktif ini akan membantu tubuh untuk dapat lebih menyerap semua nutrisi pada makanan yang akan kita konsumsi saat makan siang atau malam hari.

  • Menu dengan gizi seimbang

Untuk makan utama pada siang dan malam hari. Saya biasanya mengkonsumi makanan dengan mengikuti pedoman gizi seimbang ala piring makanku seperti ini pada gambar dibawah ini:

menjaga daya tahan tubuh
Sumber gambar: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id

 

Isi piring makanku yang terdiri dari karbohidrat dari nasi , lauk pauk, sayuran dan buah, juga tak lupa segelas air putih merupakan satu menu lengkap penuh nutrisi, menyehatkan sekaligus mengenyangkan. Kebutuhan tubuh akan energi, protein , vitamin, serta mineral dapat terpenuhi dengan seimbang melalui isi piring makanku ini.

Baca juga : 5 Tips agar anak mau makan sayuran

  • Rutin minum ramuan dari rimpang sebelum tidur malam

Selain mengkonsumsi buah dan memenuhi gizi seimbang melalui piring makanku, saya dan keluarga juga terbiasa meminum ramuan berbahan aneka rimpang seperti kunyit dan jahe lalu ditambah perasan lemon dan madu. Minuman ini disebut dengan Ultimate Drink ala JSR (Jurus Sehat Rasulullah) yang dipopulerkan oleh dr.Zaidul Akbar.

Mengapa saya rutin meminum ini? Karena minuman ini mengandung banyak manfaat, diantaranya sebagai anti inflamasi, sumber antioksidan, vitamin C dan manfaat baik lainnya. Semua manfaat ini tentu akan membantu tubuh sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Oh iya cara membuat  Ultimae Drink bisa dilihat pada gambar berikut , cara membuatnya mudah kok. Kalau rutin diminum sebelum tidur insya Allah pagi hari akan mulai terasa manfaatnya bagi tubuh.

menjaga daya tahan tubuh
Sumber foto : koleksi pribadi

2.Tidur yang cukup

Tidur tidak hanya sekedar untuk  menghilangkan ngantuk. Tapi tidur dengan jam yang cukup juga sangat berpengaruh pada kesehatan fisik maupun mental. Tidur dengan jam yang cukup membantu memberikan kesempatan bagi tubuh untuk berisirahat setelah seharian dipakai untuk beraktivitas. Tidur cukup juga sangat penting sebagai salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh karena ketika tubuh sedang dalam proses tertidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut Sitokin. Senyawa ini memiliki efek perlindungan pada sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan peradangan dan infeksi. Nah jika waktu tidur kita kurang maka senyawa sitoksin yang dikeluarkan tidak akan cukup untuk melindungi tubuh dan sistem imun juga kan ikut melemah.

 3.Olahraga secara rutin

Olahraga merupakan cara mengingkatkan daya tahan tubuh yang jujur, paling sulit saya jalankan dengan disiplin. Walaupun sulit tapi saya masih berusaha menjalankan minimal 2-3 kali dalam seminggu. Nah supaya tidak terasa berat menjalankan olahraga ini  saya memilih jenis olahraga yang ringan dan murah  yaitu dengan Workout di rumah dengan panduan video dari Youtube. Video yang saya pilih bisa senam, cardio dance, yoga atau zumba dengan gerakan yang mudah bagi pemula.Contoh videonya bisa dilihat di sini.  Workout di rumah ini juga sangat murah karena tidak memerlukan biaya mahal untuk menyewa trainer, membayar keanggotaan fitness dan hemat ongkos juga.hihihi

Oh iya selain dengan Workout, olahraga mudah dan murah lainnya yang bisa dicoba di rumah adalah lari pagi. Cukup luangkan waktu 20-30 menit untuk berolahraga setiap pagi. Berolahraga secara rutin sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Menurut Kathleen Zelman, direktur kesehatan WebMD, Ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit.

4.Berfikir positif dan mengelola stress dengan baik.

Kesehatan mental sangat mempengaruhi kesehatan raga atau fisik. Sebaik apapun seseorang menjalankan pola makan sehat dan olahraga rutin namun jika tidak mampu mengelola cara berfikir dan pandai mengelola stress maka tubuhnya akan tetap mudah sakit. Oleh karenanya upaya ke 4 yang perlu dilakukan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengubah pola berfikir untuk lebih sering memikirkan hal-hal yang positif.  Apalagi ditengah wabah Corona yang sedang melanda Indonesia, kekhawatiran akan acaman tertular dan terlalu banyaknya  informasi tentang kejadian wabah ini yang dibagikan sosial media mau tidak mau akan mempengaruhi pikiran dan bahkan bisa menyebabkan axienty. Maka disaat seperti inilah manajemen stress sangat perlu diterapkan.  Manajemen stress adalah keterampilan untuk dapat mengendalikan diri dalam situasi tertekan. Jika tidak mampu mengendalikan diri dalam situasi tersebut maka stress akan mengambil alih kontrol pikiran dan bisa mempengaruhi kesehatan, Utamanya adalah daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh melemah maka akan jadi mudah terserang berbagai macam penyakit.

Nah itulah 4 cara mudah meningkatkan daya tahan tubuh yang pernah saya terapkan, Semoga bisa diterapkan oleh teman-teman di rumah ya.

Salam Sehat Selalu
Titik Wihayanti

***

Artikel ini diikutsertakan dalam #BlogChallenge #TantanganBlogging yang diselenggarakan oleh Komunitas IIDN (Ibu Ibu Doyan Nulis)

ibu ibu doyan nulis

 

Referensi:

Diakses tanggal 22/03/2020:

https://www.bmkg.go.id/iklim/prakiraan-musim.bmkg

https://jakarta.bisnis.com/read/20200101/77/1185979/tahun-baru-2020-ini-daftar-wilayah-terdampak-banjir-di-jakarta

https://edition.cnn.com/2020/01/06/asia/jakarta-floods-intl-hnk/index.html

https://foto.kompas.com/photo/read/2020/02/29/1582974559e53/5/Banjir-Akibat-Luapan-Sungai-Cikeruh-Rendam-Ribuan-Rumah#&gid=1&pid=5

https://in.vaccine-safety-training.org/how-the-immune-system-works.html

http://staff.ui.ac.id/system/files/users/kuntarti/material/sistemimun.pdf

Sehat Berawal dari Piring Makanku

Diakses tanggal 23/03/2020:

https://www.liputan6.com/bola/read/4127916/8-manfaat-tidur-cukup-bagi-kesehatan

https://www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/5-manfaat-olahraga-bagi-kesehatan-tubuh.html

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

49 thoughts on “4 cara meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit

  1. Infografisnya bagus, Teh. Ku enggak bisa buat kayak beginian. Hihi … Nah, iya, musim hujan gini emang rentan kena penyakit. Nah, iya, yang minum ultimate drink jsr saya pun mulai membiasakan minum ini di rumah.

  2. Kuncinya memang di pola hidup ya. Makan sehat,istirahat cukup,olahraga dan tidak stress. Gampang banget dilakuin tapi untuk konsisten ini yg timbul tenggelam hehehe

  3. Bener mba. Pikiran kita harus positif. Soalnya kalau kita stres malah lebih rentan lagi kena sakit ya apalagi kondisi seperti ini. Ya Allah semoga badai corona ini segera berlalu ya mba.

  4. Musimnya memang baru kurang bersahabat ya Mbak. Penting bamget memang untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Apalagi sebagai seorang ibu ya, harus selalu siaga dalam menemani anak-anak.

  5. Ikhtiar menjaga daya tahan tubuh sebenarnya adalah hal2 yang mesti kita terapkan sehari-hari ya mabk, bukan saat sakit saja makasih ulasannya

  6. Berpikir positif dan mengelola stres dengan baik..ini agak susah sekarang. Karena timeline sosmed yang berseliweran info tentang pandemi yang entah kadang benar atau salah..jadi parno hiks. Akhirnya puasa medsos biar pikiran positif lebih dominan dan stres terjaga

    1. Betul Mba Dian. Akhirnya memilih untuk rehat sejenak dari medsos ya biar pikiran dan hati ga terbawa hal-hal negatif terus

      1. Dan saya jadi keinget bikin ultimate drink JSR setelah baca ini…Memang dari makanan dan minuman berpengaruh pada daya tahan tubuh kita ya.
        Semoga kita semua sehat dan segera berlalu wabah ini

  7. Keren mba ulasannya. Bener sih kalau ingin sehat ya kudu jaga daya tahan tubuh kita. Makan bergizi, tisur cukup, kelola emosi..
    Hmmm smg kita semya bisa ya mnjaga daya tahan tubuh kita. Biar corona tdk menclok di tubuh kita.

  8. Yup, selalu berpikir positif sangat membantu tubuh kita tetap sehat ya, Mbak.
    Jadi ingat teori jeruk nipis-nya magnet rezeki, euy. Betapa pikiran sangat berperan dalam kesehatan fisik kita.

  9. Saya masih kesulitan dengan mengatur menu makanan yang seimbang, dan kalau dilihat dari ilustrasi yang Mbak Titik kasih, sepertinya mesti ditakar atau timbang gitu ya komposisi makanannya. Oh ya, terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat untuk kondisi sekarang ini

    1. Betul Mas, perlu ditakar seharusnya. Tapi asal komponen penyusun makanannya ada semua ga ditakar dengan pas banget juga gpp mas hihi biar ga ribet

  10. Harus pintar-pintar mengelola hati dan pikiran di tengah wabah dan bencana tahun ini ya mb, semoga kita selalu semangat dan bisa bangkit dari semua ini. Terima kasih banyak tipsnya artikelnya lengkap banget sukses mb

  11. Bener, ya, musim penghujan ini Kita harus mewaspadai penyebaran berbagai jenis penyakit. Di samping wabah Corona yang lagi trending. Yuk, mulai menerapkan juga keempat cara di atas buat menjaga daya tahan tubuh

  12. Eh aku yang belum pernah sarapan buah mbak. Kayaknya sarapan nasi vs sarapan buah masalah kebiasaan aja ya. Aku mau coba ah, sarapan buah. Biar tubuh makin kuat dgn kondisi yang gak menentu gini. Semoga mbak juga sehat selalu ya :))

    1. Betul Mba. aku dulu juga terbiasa sarapan nasi dari kecil. Pas beralih ke buah awalnya agak susah tapi sekarang alhamdulillah udh mulai terbiasa

  13. Tips dan artikelnya pas banget buat musim kayak sekarang ini ya mbak. Tapi saya kok belum berani minum yg herbal herbal ginj ya? Duh penakut banget ini saya kalau disuruh cobain rasa yang baru

  14. Mengelola stres ini penting juga loh selain asupan makanan yang bergizi. Soalnya kalau orang stres kan rentan terkena penyakit ya. Segala kabar buruk yang ada seputar Covid yuk kita olah menjadi energi baik. Energi yang membuat kita mensyukuri keadaan, menerima semua ketetapan Allah dan saatnya memohon banyak pengampunan agar wabah ini segera berlalu.

    1. Setuju Mba, aku harus mulai belajar nih mengolah informasi ya supaya yang negatif pun bisa tetep kita pandang secara positif ya

  15. Mengurangi stres memang berpengaruh banget terhadap imunitas ya mbak. Beberapa hari belakangan saya sengaja mengurangi melihat berita tentang corona karena sebelumnya saya merasa agak stres juga memantau pemberitaan yang ada. Ternyata memang berpengaruh banget, pikiran dan badan lebih fresh. Tentunya menjaga asupan makanan, olah raga dan tidur cukup juga penting, tapi bagi saya mengurangi stres merupakan awal yang baik untuk menjadi sehat.

    1. Betul Mba. Akhirnya akupu memilih stop dulu buka semua berita tentang corona, supaya pikiran bisa adem dulu sebentar

  16. Sampai saat ini belum bisa menerapkan olahraga rutin 🤭 inginnya juga sarapan buah, pernahnya makan kurma. Tapi terus lapar lagi haha, gagal deh poinnya. Makasih mba artikelnya

  17. Diantara semua tips diatas, yang aga susah saya terapkan olahraga dan tidur yang cukup. Tugas daring anak-anak ditambah pekerjaan rumah, dan pola tidur anak yang tidak sama, terkadang membuat saya hanya tidur 5 jam. Terkadang badan jadi pusing, kliyengan. Makasih tipsnya ya Mba, saya mau usahakan lagi memulai semua tips diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *